"Kami baru tahu ada arsip capil yang lengkap seperti ini bahkan dari hasil kunjungan yang kami lakukan ke gudang tempat penyimpanan arsip capil berupa akta kelahiran di Kantor Disdukcapil Kabupaten Sukabumi ini lengkap bahkan catatan akta kelahiran s
Sukabumi (ANTARA News) - Kementerian Dalam Negeri menjadikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sebagai percontihan penyimpanan arsip catatan sipil nasional.

"Kami baru tahu ada arsip capil yang lengkap seperti ini bahkan dari hasil kunjungan yang kami lakukan ke gudang tempat penyimpanan arsip capil berupa akta kelahiran di Kantor Disdukcapil Kabupaten Sukabumi ini lengkap bahkan catatan akta kelahiran sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang juga masih ada," kata Direktur Capil Kemendagri RI Amien B Pulungan kepada Antara di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, tempat penyimpanan arsip capil ini perlu dicontoh kantor disdukcapil di seluruh Indonesia, bahkan arsipnya tersebut akan dimasukan kedalam sistem digital sehingga jika terjadi bencana seluruh datanya masih bisa diselamatkan.

Akta kelahiran sangat penting bahkan bisa dimasukkan ke dalam harta karena setiap warga harus memiliki akta ini sebagai bukti warga negara.

Maka dari itu, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada pihak Pemkab Sukabumi yang memberikan pelayanan mudah terhadap pembuatan akta kelahiran, bahkan setiap bayi yang lahir sudah terintegritas langsung ke dalam database Disdukcapil Kabupaten Sukabumi dan database Kemendagri RI.

"Arsip capil harus dijaga, karena untuk menentukan asal usul orang sama seperti halnya akta tanah, sebagai bukti kepemilikan dan berhak untuk mendapatkan berbagai hak sebagai warga negara," tambahnya.

Sementara, Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Sofyan Efendy mengatakan arsip capil yang masih tersimpan ini ada sejak 1920 lalu atau pada masa penjajahan jaman Belanda dan Jepang. Arsip ini tersimpan aman dan terjaga, bahkan untuk antisipasi adanya bencana alam yang merusak arsip tersebut pihaknya akan memindahkan ke dalam bentuk digital.

"Arsip ini perlu dijaga agar, kapanpun warga yang membutuhkan bisa dengan mudah dicari. Maka dari itu, kami juga saat ini tengah melakukan berbagai upaya agar seluruh warga di Kabupaten Sukabumi bisa mempunyai akta kelahiran, bahkan saat ini kami menggagas di setiap rumah sakit bisa melaporkan setiap bayi yang dilahirkan untuk langsung dibuatkan akta kelahirannya," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015