Jakarta (ANTARA News) - Perkembangan dunia bisnis yang semakin gencar perlahan mulai beralih dari metode bisnis konvensional ke dunia digital marketing atau bisnis online.

Hal itu terungkap dalam seminar bisnis online bertema "Low Cost High Impact Digital Marketing" di Jakarta, baru baru ini.

Dalam siaran pers panitia, Rabu, menyebutkan seminar tersebut menghadirkan antara lain CEO Ladova Consulting Wilson Partogi, Founder Indonesia Young Entrepreneurship (IYE) Christovita Wiloto, dan owner belasan perusahaan online Denny Santoso.

Wilson Partogi mengatakan, jika masyarakat mengetahui bagaimana cara marketing yang murah, mereka pasti akan memilih menggunakan akun Facebook untuk berbisnis online.

''Saat orang lain menekan option Share pada postingan Anda, maka saat itulah free marketing untuk kita,'' katanya.

Founder Indonesia Young Entrepreneurship Christovita Wiloto menambahkan inti dari ilmu marketing ialah kepercayaan. Karena itu, dia menekankan pada bisnis online sebaiknya menumbuhkan kepercayaan agar orang lain atau customer kita punya kepercayaan yang cukup kepada kita dan kembali lagi berbisnis dengan kita pada kesempatan lainnya.

''Apalagi Indonesia ialah bangsa yang hebat. Kita (Indonesia) sekarang berada di posisi ketiga setelah Cina dan India. Namun Indonesia masih selayaknya raksasa yang lelap dalam tidur panjangnya,'' kata Christovita.

Untuk itulah, dia berharap para entrepreneur muda Indonesia bisa bersaing menghadapi pasar bebas terutama ASEAN.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015