Kami siap menyerang dan kami siap meladeni mereka bila mereka tampil ofensif. Tentu kami harus juga bertahan dengan kokoh
Turin (ANTARA News) - Sama-sama mengukir predikat sebagai tim raksasa sepak bola seantero, baik Juventus maupun Real Madrid menjanjikan palagan saling serang dan saling adu kokoh pertahanan.

Kedua tim sama-sama menggenapi pepatah Latin klasik "vincere est honestum, opprimere acerbum, pulchrum ignoscere", yang artinya menang itu terhormat, menghancurkan itu pahit, tetapi memaafkan itu indah.

Ya, meraih kemenangan itu senantiasa terhormat, antara Juventus atau Real Madrid yang siap berduel dalam semifinal I Liga Champions yang digelar di Juventus Stadium, Torino pada Selasa waktu setempat atau Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Di buku besar sejarah perjalanan kedua tim di jagat sepak bola di benua Biru, Juventus dan Real Madrid menorehkan prestasi mentereng, yakni telah 20 kali tampil di final Piala Eropa.

Juventus yang baru saja merayakan pesta kemenangan di bahtera Serie A, tentu mengharap tuah juara untuk mendongkrak semangat bertanding menghadapi pasukan dari La Liga, Real Madrid.

Di bawah asuhan pelatih Massimiliano Allegri, terang benderang bahwa skuat Nyonya Tua mampu menorehkan gelar ke-31 juara Serie A. Capaian ini membanggakan dalam perjalanan klub di lintas sepak bola Italia.

Sang pelatih terus memotivasi Carlos Tevez dan kawan-kawan meraih kemenangan dengan mengandalkan gaya bermain menyerang dan bertahan sama baiknya. Ini tentu tidak lepas dari kecekatan dan kesigapan penjaga gawang berpengalaman Gianluigi Buffon.

Bertanding di kandang tentu membawa atmosfer positif bagi pasukan Juventus. Gegap gempita dukungan penonton tuan rumah sedikit banyak "meneror" tim tamu. Skuat asuhan pelatih Allegri tidak terkalahkan dalam 12 laga kandang di kompetisi UEFA.

Sementara, Real Madrid di bawah arahan Carlo Ancelotti yang nota bene mantan pelatih Juventus, menghadapi pekerjaan rumah tidak ringan di kompetisi La Liga. Mereka masih harus berjuang menghadapi musuh abadinya, Barcelona demi meraih gelar kompetisi domestik.

Mereka beranjangsana ke Turin dengan catatan positif manakala melakoni laga tandang di ajang Liga Champions. hanya sekali menelan kekalahan dari 11 pertandingan, dengan meraih delapan kemenangan.

Kalau Juventus tengah mengusung eforia scudetto di ajang kompetisi Serie A, justru Real Madrid juga telah berada dalam sukacita kemenangan karena menundukkan Sevilla 3-2 dalam laga pekan ini, dengan Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick, guna mengakhiri paceklik mencetak gol dalam tiga laga.

Komentar dua pelatih:

* Massimiliano Allegri (Juventus):
"Ini laga semi-final. Mereka juara Eropa, yang tentu saja memotivasi kami untuk menampilkan performa terbaik. Tentunya kami tidak ingin kalah dalam laga semifinal ini, karena dengan begitu kami gagal untuk lolos ke final. Kami senantiasa ingat bahwa inilah saatnya kami menang dari tim yang kuat."

"Seperti banyak laga yang kami lakoni, tentu kami bertekad tampil sempurna, baik dalam menyerang maupun bertahan. Saya sama sekali tidak menyangka bahwa Juve menantang Real dan Real kontra Juve bakal berakhir dengan hasil imbang 0-0. Ini artinya, kami akan tampil menyerang. Asa ini bakal lebih baik bila (Luka) Modric dan (Paul) Pogba dapat tampil. Kami berharap Pogba tampil dalam laga selanjutnya."

* Carlo Ancelotti (Real Madrid):
"Pertandingan bakal berlangsung sengit. Kami mampu memeragakan penguasaan bola ketika melawan Atletico (di babak kuarter-final). Sama seperti kami, Juve juga bakal menampilkan dan mengandalkan penguasaan bola. Yang terpenting, kami berusaha tampil sebaik mungkin dan menunjukkan permainan berkualitas."

"Kami siap menyerang dan kami siap meladeni mereka bila mereka tampil ofensif. Tentu kami harus juga bertahan dengan kokoh."

"Juventus senantiasa tampil sebagai tim yang kuat, tim yang kompetitif untuk meraih kemenangan di setiap kompetisi. Kami ingin mewujudkan mimpi sebagaimana laga final tahun lalu di mana kami meraih kemenangan di ajang Liga Champions."

"Tersedia 180 menit bagi kedua tim untuk mencetak gol. Jika anda berani meraih kemenangan, anda juga tidak takut dengan kekalahan sekali pun. Tidak bisa dipungkiri bahwa kami sedikit menghadapi masalah pada Januari dan Februari, meski para pemain tetap percaya diri. Sejumlah pemain kami mengalami cedera, tetapi kami tetap yakin dapat sampai ke final."

Prakiraan susunan pemain:
* Juventus (4-3-1-2):
Buffon (penjaga gawang), Evra, Chiellini, Bonucci, Lichsteiner, Marchisio, Pirlo, Vidal, Pereyra, Tevez, Morata
Pemain cadangan:
Storari, Ogbonna, Barzagli, Padoin, Sturado, Llorente, Matri,
Absen: Caceres, Pogba, Marrone (cedera)

* Real Madrid (4-4-2):
Casillas (penjaga gawang), Carvajal, Pepe, Varane, Marcelo, James, Ramos, Kroos, Isco, Bale, Ronaldo
Pemain cadangan:
Navas, Coentrao, Arbeloa, Illaramendi, Khedira, Chicharito, Jese
Absen: Benzema, Modric (cedera)  
         
Data dan fakta:
* Juventus tidak terkalahkan dalam 12 laga kandang di ajang kompetisi Eropa.
* Skuat Nyonya Besar hanya sekali kalah dari 17 pertandingan sejak Juventus Stadium mengalami perombakan.
* Juara Serie A musim 2014/15 ini mencapai semi-final di kompetisi ini sebanyak 11 kali, dengan menorehkan tujuh kemenangan dan tiga kekalahan.
* Real Madrid mencatatkan torehan tidak kebobolan sepanjang 444 menit ketika menjalani laga tandang dalam musim kompetisi ini.
* Dalam 25 kali bertanding di ajang semi-final, mereka menorehkan 13 kemenangan dan 12 kekalahan.
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)
 
* Juventus: W W L D W

2/ 5/15  Sampdoria 0 - 1 Juventus
29/4/15 Juventus 3 - 2 Fiorentina
26/4/15 Torino 2 - 1 Juventus
22/4/15 Monaco 0 - 0 Juventus
18/4/15 Juventus 2 - 0 Lazio

* Real Madrid: W W W W W

2/5/15 Sevilla 2 - 3 Real Madrid
29/4/15 Real Madrid 3 - 0 Almería
26/4/15 Celta de Vigo 2 - 4 Real Madrid
22/4/15 Real Madrid 1 - 0 Atlético Madrid
18/4/15 Real Madrid 3 - 1 Málaga

Head To Head:
 
* 5/11/13 Juventus 2 - 2 Real Madrid
23/10/13 Real Madrid 2 - 1 Juventus
31/7/09  Real Madrid 1 - 2 Juventus
5/11/08  Real Madrid 0 - 2 Juventus
21/10/08 Juventus 2 - 1 Real Madrid

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Juventus 1- 2  Real Madrid (10 persen)
* Juventus 0 - 2 Real Madrid (10 persen)
* Juventus 0 - 0 Real Madrid (9 persen)
 
Prediksi jalannya laga:
* Sementara Juventus bertekad tampil menyerang maka bukan tidak mungkin ada lubang yang bakal dieksploitasi oleh pemain super cepat andalan Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

* Baik Juventus maupun Real Madrid punya gaya bermain yang berbeda, meski kedua tim sama-sama mampu memeragakan langgam permainan yang efektif dan efisien.

* Di laga leg pertama ini, biasanya tim tuan ruan bakal tampil ngotot untuk dapat melesakkan gol ke gawang lawan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Juventus: 1
* Real Madrid: 3 

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015