Berne (ANTARA News) - Inter Milan, AS Monaco, dan AS Roma telah setuju untuk membayar denda dan mengurangi ukuran tim-tim mereka di kompetisi Eropa setelah melanggar peraturan-peraturan Financial Fair Play (FFP), kata UEFA pada Jumat.

Ketiga klub itu juga setuju untuk membatasi jumlah pemain-pemain baru yang dapat mereka daftarkan di kompetisi Eropa, kata badan sepak bola Eropa itu dalam pernyataannya menyusul keputusan yang diambil oleh badan pengawas kendali keuangan.

Mereka termasuk di antara sepuluh klub, juga mencakup Sporting Lisbon, yang menyelesaikan sengketa dengan UEFA setelah melanggar peraturan-peraturan yang dirancang untuk menghentikan klub menghabiskan terlalu banyak uang.

Inter Milan akan membayar "jumlah total sampai 20 juta Euro," Monaco sampai 13 juta, dan Roma sampai enam juta, jumlah-jumlah sebenarnya bergantung pada jumlah kondisi-kondisi, kata UEFA dalam pernyatannya.

Dalam kasus Inter, enam juta euro akan dibayarkan penuh, untuk dipotong dari pemasukan awal klub dari kompetisi Eropa musim ini, sedangkan pembayaran 14 juta sisanya harus memenuhi berbagai syarat.

UEFA mengatakan Inter hanya akan diizinkan memiliki 21 pemain, bukan 25 pemain, dalam tim mereka jika mereka lolos ke kompetisi Eropa musim depan, naik menjadi 22 pemain pada musim 2016/2017.

Roma dan Monaco akan diizinkan menggunakan 22 pemain di tim mereka pada musim depan.

Sporting, Besiktas, FC Krasnodar, dan tim Rusia lain Lokomotiv Moscow juga mencapai kesepakatan-kesepakatan serupa dengan UEFA.

CSKA Sofia, Kardemir Karabukspor, dan FC Rostov, yang dinyatakan bersalah karena melakukan pelanggaran-pelanggaran minor, masing-masing didenda 200.000 dolar dan sepakat untuk mencapai titik impas pada musim depan.

Peraturan-peraturan FFP, yang membatasi klub-klub mengeluarkan lebih banyak uang terkait jumlah yang mereka terima, diterapkan untuk mencegah para pemilik klub yang kaya menggelontorkan dana tidak terhingga ke dalam tim-tim dan merusak pasar.

Bagaimanapun, terdapat kritik yang mengatakan peraturan-peraturan baru telah mengerdilkan kesempatan bagi klub-klub kecil untuk menantang tim-tim yang telah mapan untuk mendominasi Eropa.

Tahun lalu, Manchester City dan Paris St Germain, dua dari klub kaya baru di sepak bola Eropa, didenda sampai 60 juta euro dan harus memangkas tim mereka untuk Liga Champios musim ini.

Mereka juga berjanji untuk memperketat pengeluaran di bursa transfer selama dua musim, demikian Reuters.

(Uu.H-RF/T004)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015