Teheran (ANTARA News) - Satu kapal Iran berisi bantuan bertolak dari Kota Pelabuhan Bandar Abbas di Iran Selatan pada Senin (11/5), menuju Yaman, kata Press TV.

Kapal itu, yang dinamakan Kapal Pertolongan, membawa 2.500 ton pasokan makanan dan obat yang disumbangkan oleh Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran, kata laporan tersebut.

Kapal itu berlayar menuju Kota Pelabuhan Yaman, Hodeidah melalui Laut Oman, Samudra Hindia, Teluk Aden dan Laut Merah, kata beberapa laporan pada Minggu (10/5).

Di kapal tersebut terdapat 15 staf medis, 13 wakil media, tujuh pegiat anti-perang dari Amerika Serikat, Prancis dan Jerman ditambah anggota awak, kata kantor berita Tasnim.

Iran menyatakan negara Persia itu telah berkoordinasi dengan Komite Palang Merah Internasional dan Lembaga Bulan Sabit Merah Arab Saudi, Oman serta Djibouti.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, melaporkan kapal tersebut dijadwalkan tiba di tempat tujuannya sekitar 10 hari setelah berangkat.

Iran memperingatkan bahwa Teheran takkan membiarkan koalisi pimpinan Arab Saudi mencegat kapal itu.

Arab Saudi telah lama menuduh Iran mempersenjatai dan mendanai petempur Syiah Yaman, Al-Houthi, tapi Teheran membantah tuduhan tersebut.

Pada April, jet tempur koalisi pimpinan Arab Saudi mencegat satu pesawat Iran di wilayah udara Yaman, dan menghancurkan landasan pacu di bandar udara di Ibu Kota Yaman, Sanaa, sehingga mencegah pesawat tersebut mendarat.

Iran menyatakan pesawat itu membawa bantuan kemanusiaan buat Yaman, demikian laporan Xinhua.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015