... dalam Injil Markus dicatat bahwa sesudah Yesus menyampaikan pesan-pesan terakhir kepada murid-murid-Nya, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah Bapa...
Bengkulu (ANTARA News) - Saling mengasihi sebagai sesama manusia menjadi tema pokok dalam perayaan Kenaikan Yesus Kristus ke sorga yang dirayakan umat Kristiani Protestan dan Katolik di Kota Bengkulu.

"Saling mengasihi sebagai sesama manusia menjadi tema utama, sebab Yesus sudah terlebih dahulu mengasihi dunia lewat karyaNya," kata Pendeta Maruli Panggabean, usai memimpin ibadah Kenaikan Yesus Kristus ke sorga di Gereja Kristen Injili di Indonesia (Gekesia), Kota Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan, kenaikan Yesus Kristus ke sorga yang disaksikan sejumlah murid dan masyarakat di Galilea, salah satunya dicatat dalam Injil Kisah Para Rasul 1 ayat 6 hingga 11.

Maruli mengatakan peristiwa kenaikan Yesus Kristus ke sorga merupakan penggenapan janji keselamatan dan kebenaran Allah atas kehadiran, karya keselamatan, kematian, dan kebangkitan Yesus Kristus.

"Semuanya itu karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia mengaruniakan anakNya Yesus Kristus," kata dia.

Kenaikan Yesus Kristus adalah peristiwa yang terjadi pada 40 hari setelah Kebangkitan Yesus.

Di dalam Injil Markus dicatat bahwa sesudah Yesus menyampaikan pesan-pesan terakhir kepada murid-murid-Nya, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah Bapa.

Sedangkan dalam Injil Lukas 24 ayat 50 hingga 52 mencatat bahwa Yesus membawa mereka ke luar kota Yerusalem sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. 

Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.

Kitab Kisah Para Rasul, kata dia, mencatat lebih detail mengenai percakapan antara Yesus dan murid-murid-Nya menjelang kenaikan-Nya.

Para murid Yesus katanya digambarkan masih belum memahami benar arti seluruh peristiwa yang mereka alami. Banyak dari mereka yang masih berharap bahwa Yesus akan memulihkan kerajaan Daud yang runtuh sejak dikalahkan Kerajaan Babel.

Tetapi Yesus, kata dia mengutip Injil itu, mempunyai misi lain yang bukan dari dunia. Ia berpesan kepada murid-muridnya, "... kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi... "

Dan sesudah meninggalkan pesan itu, dicatat bahwa Yesus terangkat ke sorga, sambil disaksikan oleh murid-muridNya. Peristiwa itu membuat mereka tercengang. Namun dua malaikat Tuhan menampakkan diri dan mengingatkan mereka akan pesan yang telah diberikan Yesus kepada mereka.

Pewarta: Helti Sipayung
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015