Kami menilai dana Otsus yang diberikan untuk Aceh belum berdampak signifikan terhadap kesejahteraan rakyat,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Anggota Komisi VI DPR RI asal Aceh Fadhlullah meminta Pemerintah Aceh dapat mengoptimalkan penggunaan dana otonomi khusus (Otsus) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah setempat.

"Kami menilai dana Otsus yang diberikan untuk Aceh belum berdampak signifikan terhadap kesejahteraan rakyat," katanya di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan dengan alokasi anggaran yang diberikan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan menurunkan angka kemiskinan di provinsi setempat.

"Saya juga akan menyampaikan pandangan terkait angka kemiskinan kepada anggota legislatif asal Aceh di parlemen," katanya.

Fadhlullah yang kerap disapa Dek Fad itu berpesan agar dana Otsus yang diberikan untuk provinsi ujung paling barat Indonesia itu dapat dikelola maksimal untuk pembangunan diberbagai sektor.

"Dana Otsus yang kita terima itu terbatas sehingga harus dapat dioptimalkan penggunaannya, jika tidak dimanfaatkan secara maksimal maka akan rugi" kata Politisi Partai Gerindra itu.

Menurut dia, Aceh memiliki sisa waktu hingga 2027 untuk menggelola dana otsus yang dialokasikan Pemerintah Pusat, sehingga dengan waktu tersebut harus dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Aceh mendapat dana otsus setara dua persen Dana Alokasi Umum Nasional pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2022 dan setara satu persen pagu Dana Alokasi Umum Nasional tahun 2023 sampai dengan tahun 2027.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015