Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada Sabtu mendistribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang akan dilaksanakan mulai 18 hingga 20 Mei 2015.

"Hari ini, soal-soal ujian kita distribusikan ke lima lokasi. Kita juga sudah lakukan video conference agar distribusi itu bisa serentak di lima lokasi tersebut," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Arie Budhiman di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, persiapan menjelang pelaksanaan UN 2015 juga telah dilakukan secara cermat, bahkan dimulai dari penyusunan naskah soal hingga distribusi soal-soal tersebut pada hari ini.

"Selain itu, persiapan yang matang juga kita lakukan, terutama terkait pengadaan naskah soal, pembentukan panitia penyelenggara, sosialisasi pelaksanaan UN SD serta pengamanan distribusi naskah soal mulai dari tempat percetakan hingga ke lima titin rayon."

Lebih lanjut, dia menuturkan penyusunan soal UN SD tidak sama dengan penyusunan soal UN SMA dan UN SMP. Untuk soal UN SMP dan SMA, seluruh soal disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Untuk naskah soal UN SD, sebanyak 75 persen diantaranya menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan DKI, sedangkan 25 persen sisanya merupakan tanggung jawab Kemendikbud," tutur Arie.

Dia mengungkapkan lima titik yang menjadi lokasi didtribusi naskah soal UN SD 2015, antara lain SDN Menteng 03 (Jakarta Pusat), SD Swasta Jubilee (Jakarta Utara), SD Swasta Al Azhar 1 Kebayoran Baru (Jakarta Selatan), SD swasta Sevilla (Jakarta Timur), SD Swasta Notre Dame (Jakarta Barat) dan satu SD di Kepulauan Seribu.

Sementara itu, jumlah naskah soal UN SD yang diterima oleh Dinas Pendidikan DKI mencapai 153.134 lembar soal dengan 9.404 amplop.

Dari jumlah tersebut, rinciannya yakni sebanyak 140.704 lembar soal dengan jumlah amplop sebanyak 8.507 lembar dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 12.430 dengan 12.430 dengan 897 amplop.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015