London (ANTARA News) - Batavia Madrigal Singer (BMS), tim paduan suara Indonesia pimpinan Avip Priatna meraih Juara I kategori Equal Voices di ajang Internasional pada 36th International May Choir Competition Prof. Georgi Dimitrov Varna 2015 yang berlangsung di kota Varna Bulgaria, dari tanggal 14 hingga 17 Mei .

Tim BMS yang terdiri dari 36 penyanyi itu juga memperoleh tempat kedua masing-masing untuk kategori Mixed Choirs dan Chamber Choirs serta runner up-Grand Prix International May Choir Competition Varna ini, demikian Pensobud KBRI Sofia, Dina Martina kepada Antara, Senin.

BMS harus bersaing ketat dengan tim paduan suara dari Swedia, Ukraina dan Italia. Tim paduan suara lainnya yang ikut berpartisipasi berasal dari Turki, Hungaria, Polandia, dan Rusia.

Penghargaan untuk pemenang diumumkan pada hari penutupan kompetisi di Gedung Pusat Kebudayaan kota Varna. 

Dengan kostum bernuansa Dayak dan lagu Hela Rotane penampilan BMS pada acara penutupan memukau penonton. 
Kompetisi ini mempertandingkan kategori Mixed Choirs, Chamber Choirs dan Equal Voices Choirs dengan para juri yang berjumlah enam orang dari Estonia, Bulgaria, Turki, UK, dan Norwegia.  

Tempat pertama untuk Mixed Choirs diduduki tim paduan suara Swedia dan untuk Chamber Choirs diperoleh tim Itali. Juara pertama Grand Prix pada kompetisi di Varna kali ini jatuh ke tangan tim paduan suara dari Italia dengan conductor Lorenzo Donati.

Menurut Avip Priatna, keikutsertaan BMS pada kompetisi choir di kota Varna ini adalah yang kedua setelah pada tahun 2012 di kota yang sama BMS meraih juara pertama Grand Prix dan dirinya mendapatkan gelar conductor terbaik saat itu. 

BMS yang didirikan Avip Priatna adalah paduan suara yang banyak mengukir prestasi bergengsi di ajang nasional maupun internasional sejak tahun 2001. 

Prestasi diraih BMS terakhir adalah sebagai juara dua kategori Renaissance, juara tiga kategori Mixed Choirs dan penghargaan Best Interpretation Of Modern Composition pada kompetisi di Tours Perancis tahun 2014.

International May Choir Competition Varna 2015 diorganisir Pemerintah kota Varna didukung Kementerian Kebudayaan Bulgaria. 

Kompetisi merupakan bagian dari rangkaian kompetisi the European Grand Prix for Choral Singing. Selain di Varna Bulgaria, kompetisi diadakan di negara mitra lainnya secara bergantian setiap tahunnya yaitu di Arezzo-Italia, Maribor-Slovenia, Debrecen-Hungaria, Tours-Perancis, dan Tolosa-Spanyol.  

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015