Ternate (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut), akan menobatkan Group Wali Band sebagai duta batu bacan saat menghibur warga Halsel di HUT kabupaten tersebut.

Bupati Muhammad Kasuba di Ternate, Kamis, mengatakan, pemkab akan memilih Wali Band menjadi duta batu bacan saat menghibur warga pada perayaan HUT Kabupaten Halsel ke-12 di lapangan Samargalila Labuha Halsel.

Bupati mengatakan, bagi masyarakat, kegiatan Halsel Expo 2015, selain menjadi sarana hiburan, juga dapat menjadi ajang pemberdayaan ekonomi kerakyatan, bahkan Group Band Wali bakal dinobatkan sebagai Duta Batu Permata karena telah mempromosikan batu akik melalui lagu.

Selain itu, seluruh kepala daerah yang daerahnya tercatat sebagai penghasil batu akik akan diundang, bahkan Pemda dan Panitia juga mengundang ketua Asosiasi Batu Akik Nasional, Tomy Suharto dan Menteri Perindustrian.

"Kehadirian mereka sejauh ini kita belum dapat pastikan, karena saat ini kita masih terus melakukan konfirmasi. Mereka diundang hadir di Bacan pada acara Puncak tanggal 9 Juni untuk mengikuti deklarasi Asosiasi Daerah Penghasil Batu Akik Nusantara," katanya.

Menurutnya, sebuah expo tak ubahnya menciptakan sebuah lokomotif yang akan menarik gerbong-gerbong perekonomian masyarakat agar bergerak lebih cepat dari sebelumnya.

Sementara Kabag Humas Setda Kabupaten Halsel, Daud Djubedi mengatakan, rangkain HUT Halsel khususnya pameran pembangunan, diikuti seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Halsel, seperti Pemerintah Daerah, lembaga swasta serta kelompok paguyuban dari berbagai etnis yang ada di Kabupaten Halsel.

Sedangkan untuk festival batu Bacan, Pemda maupun panitia HUT Halsel juga mengundang berbagai asosiasi batu permata yang ada di seluruh Indonesia. Termasuk para kepala daerah baik gubernur maupun bupati atau walikota daerah penghasil batu akik.

HUT Halsel ini, lanjut Daud, juga akan hadiri artis ibukota yakni Fatin pada tanggal 6 Juni 2015 dan grup Band Wali pada tanggal 9 Juni 2015 guna menghibur masyarakat Halsel.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015