Setengah jam lalu Presiden Jokowi masih merencanakan datang kemari, tapi tiba-tiba batal dan diwakili Mendikbud Anies Baswedan,"
Jakarta (ANTARA News) - Mendikbud Anies Baswedan mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri jamuan makan malam yang diadakan pengurus Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia di kediaman Presiden RI ketiga BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan Jakarta Selatan, Minggu malam.

"Setengah jam lalu Presiden Jokowi masih merencanakan datang kemari, tapi tiba-tiba batal dan diwakili Mendikbud Anies Baswedan," kata BJ Habibie.

Habibie menyebutkan pada saat bersamaan Mendikbud sedang ada acara lain dan segera ke jamuan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI).

"Itu nasib presiden tapi tidak berarti rencana kita tidak jadi," kata Habibie.

Tampak hadir dalam acara itu antara lain Menpan RB Yuddy Chrisnandy, mantan Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana, mantan Wantimpres Emil Salim.

Jamuan makan malam tersebut digelar dalam rangka peringatan ulang tahun ke-25 AIPI.

Dalam kesempatan itu dikukuhkan tiga pendiri AIPI untuk menghormati jasa mereka.

Ketiga pendiri AIPI itu adalah BJ Habibie, Samaun Samadikun (alm) dan Fuad Hassan (alm). Tampak hadir dalam acara itu istri Samaun Samadikun dan istri Fuad Hassan.

Selain pengukuhan terhadap para pendiri, juga dilakukan pengukuhan terhadap anggota baru AIPI.

Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia didirikan berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 1990 tentang AIPI.

AIPI merupakan lembaga nonstruktural bersifat mandiri yang didirikan dengan tujuan menghimpun ilmuwan Indonesia terkemuka untuk memberikan pendapat, saran, pertimbangan atas prakarsa sendiri dan atau permintaan mengenai penguasaan, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada pemerintah serta masyarakat untuk mencapai tujuan nasional.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015