Jakarta (ANTARA News) - John Nash, matematikawan Amerika Serikat yang mengilhami film pemenang Oscar "A Beautiful Mind", meninggal dunia karena kecelakaan mobil, Minggu.

Nash (86) dan istrinya Alice Nash (82) tewas setelah taksi yang mereka tumpangi tabrakan di New Jersey, kata kepolisian setempat seperti dikutip BBC.

"Keduanya terlempar dari taksi yang mereka tumpangi," kata polisi.

Pasangan tersebut mungkin tidak mengenakan sabuk pengaman karena sopir taksi dan seorang penumpang lainnya hanya luka-luka.

Matematikawan dari Universitas Princeton itu terkenal karena karyanya Teori Permainan atau "Game Theory" yang memenangkan hadiah Nobel dalam bidang ekonomi pada 1994.

Terobosannya dalam ilmu matematika itu dan kisah perjuangan hidupnya melawan skizofrenia diangkat dalam film layar lebar "A Beautiful Mind" pada 2001.

Alicia Nash membantu merawat suaminya, dan keduanya kemudian menjadi pendukung terkemukan kesehatan mental.

"Tertegun  hati saya untuk John dan Alicia dan keluarga. Pasangan yang luar biasa. Pikiran yang indah, hati yang indah," tulis Russel Crowe yang memerankan Nash film tersebut, dalam twitnya.

 Sutradara "A Beautiful Mind" pun menyampaikan dukanya atas kepergian Nash dan istrinya, "John Nash yang cemerlang dan istri yang luar biasa".

Nash baru saja menerima Abel Prize pada 19 Mei lalu di Oslo yang merupakan penghargaan tertinggi lainnya pada bidang matematika.


Penerjemah: Monalisa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015