Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan kembali menyelenggarakan Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) DKI selama lima hari mulai 29 Mei hingga 2 Juni 2015.

Pelaksanaan PPKD DKI 2015 akan dilakukan di area Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Setiap harinya, kegiatan akan berlangsung mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB dan tidak dipungut biaya.

"Kegiatan PPKD ini digelar dengan tujuan untuk mengembangkan promosi produk para pelaku industri kreatif di Provinsi DKI Jakarta dan memperluas jaringan pemasaran," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Haris Pindratno di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, PPKD DKI 2015 akan menampilkan produk-produk industri kreatif, di antaranya meliputi produk fashion, kerajinan, kuliner dalam kemasan, batu akik, Informasi Teknologi (IT) serta seni pertunjukan.

"PPKD DKI 2015 akan diikuti oleh sebanyak 247 peserta yang telah dipilih melalui proses seleksi. Kita menargetkan jumlah pengunjung dalam kegiatan tersebut akan mencapai sekitar 100.000 orang per hari," ujar Haris.

Dia menuturkan PPKD DKI 2015 diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian dan Energi DKI dengan pembiayaan melalui sponsorship atau CSR serta dana yang tidak mengikat.

Selain itu, kegiatan tersebut juga turut didukung oleh instansi lain, yaitu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan DKI, Dinas Pendidikan DKI, Asosiasi Peduli Industri Kreatif (APIKI), BUMN atau BUMD sebagai pemberi sponsor dan perusahaan swasta.

"Kegiatan PPKD DKI yang kelima kalinya ini termasuk dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke-488. Tema yang diusung kali ini adalah 'Jakarta Modern, Kreatif dan Berbudaya'," tutur Haris.

Selain menampilkan produk industri kreatif, PPKD DKI 2015 juga diisi beberapa kegiatan yang merupakan persembahan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan, Bank DKI, Taman Impian Jaya Ancol, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM), komunitas-komunitas kreatif serta APIKI.

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015