Manado (ANTARA News) - Kementerian Pertanian RI pada 2015 fokus mengembangkan komoditas unggulan pertanian daerah di seluruh Indonesia.

"Tahun ini Kementerian Pertanian telah memprogramkan akan fokus pada pengembangan komoditas padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, dan daging sapi yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Manado, Kamis.

Ia mengatakan hal itu, saat kunjungan kerja dan mendampingi Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Ia mengatakan pengembangan komoditas tersebut sudah diatur berdasarkan keunggulan daerah masing-masing, sehingga bisa fokus dari penanaman hingga panen.

Hal itu, katanya, akan mempermudah pemerintah dalam mengetahui pasokan, distribusi, bahkan stok.

Dia mencontohkan pengembangan bawang merah dan cabai di Kabupaten Minahasa, Sulut, jagung di Bima, dan kedelai di Aceh.

"Pengembangannya tidak lagi disebar merata tapi hanya fokus pada daerah-daerah tertentu sehingga lebih optimal," katanya.

Dalam kunjungan kerja itu, Mentan dan jajarannya juga memastikan produksi beras dan komoditas lainnya aman dalam menghadapi berbagai kegiatan besar, seperti Lebaran tidak lama lagi.

Pada kesempatan itu, Mentan Andi Amran mengunjungi beberapa daerah sentra tanaman padi di Provinsi Sulut.

Dia berharap, semua kepala daerah bersinergi dalam mengawasi sektor pertanian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Widodo menghadiri Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-43 pada Kamis di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulut.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015