counter

Anggota KNPB aniaya warga hingga tewas

Anggota KNPB aniaya warga hingga tewas

Papua Barat (ANTARA News/BMKG)

Jayapura (ANTARA News) - Anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) melakukan penganiayaan terhadap warga, Yuda (55 Th), hingga tewas di Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo, Kamis (28/5).

Kapolres Yahukimo AKBP Ade Jaja kepada Antara, mengakui insiden yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIT itu berawal dari penangkapan Susan Pahabol, anggota KNPB yang diduga sebagai pelaku sejumlah kasus kriminal termasuk penganiayaan terhadap Kompol Baimuda.

Beberapa saat kemudian, anggota KNPB yang berada di kawasan Pasar Baru, Ruko, Dekai mengamuk dan memukuli setiap warga yang ada disekitarnya dengan balok.

"Saat anggota menuju tempat kejadian perkara (TKP) ditemukan almarhum Yuda sudah bersimbah darah dengan luka di kepala dan akhirnya meninggal di RSUD Dekai," jelas AKBP Ade.

Menurutnya, anggota sudah melakukan pengejaran namun hingga kini belum berhasil menangkap anggota kelompok tersebut.

Selain itu anggota juga berupaya mengamankan warga pendatang agar menyerahkan masalah tersebut ke polisi, kata Kapolres Yahukimo yang dihubungi melalui telepon selular.

Ditambahkan, selain menangkap Susan Pahabol, polisi juga menangkap Jacob Pahabol, Selasa lalu (26/5,) yang diduga sebagai pelaku perampasan senjata api milik kasat intel 19 Mei lalu saat KNPB melakukan aksi pengumpulan dana.

Situasi di Dekai sudah kondusif, namun anggota tetap berjaga-jaga, kata Kapolres Yahukimo Akbp Ade Jaja.

KNPB merupakan salah satu organisasi yang ingin Papua merdeka.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Polisi tetapkan tujuh tersangka kerusuhan Waena Jayapura

Komentar