... komputasi awan, akan memberikan keleluasaan para penikmat game untuk memainkan nomor-nomor yang syarat dengan grafis nan berat melalui internet saja...
Taipei, Taiwan (ANTARA News) - Perusahaan pembuat chip pemroses komputer Nvidia Corp menetapkan target dapat meraup 1 miliar dolar AS dalam kurun waktu 2-3 tahun ke depan lewat layanan komputasi awan.

Pasalnya, permintaan atas layanan analisa data-data berkapasitas besar jauh melampaui pertumbuhan chip grafis mereka.

Layanan komputasi awan merupakan segmen yang berkembang paling pesat di perusahaan tersebut, dengan pendapatan meningkat sekira 60-70 persen tiap tahun, demikian disampaikan CEO Nvidia, Jen-Hsun Huang, kepada awak media, sehari jelang pameran teknologi terbesar Asia di Taipei, Computex.

Nvidia sebelumnya dikenal dengan produk utama mereka yakni chip untuk proses komputer dan grafis game, atau dikenal sebagai unit pemrosesan grafis (GPU).

Belakangan mereka juga merambah ke layanan grafis otomotif dengan menggandeng pabrikan mobil Tesla Motors Inc.

Huang menuturkan bahwa dengan layanan komputasi awan, akan memberikan keleluasaan para penikmat game untuk memainkan nomor-nomor yang syarat dengan grafis nan berat melalui internet saja.

Ia juga menyebutkan bahwa produk GPU mereka kini bisa juga digunakan untuk bentang aplikasi yang lebih beragam, termasuk layanan perintah suara yang digunakan aplikasi bantuan personal milik Apple, Siri, demikian Reuters.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015