Madrid (ANTARA News) - Penampilan prima memerlukan upaya diet yang ketat dan terencana. Kondisi fisik Lionel Messi mengalami transformasi berkat upaya diet dari satu musim ke musim kompetisi.

Messi berperan krusial membawa Barcelona meraih gelar Copa del Rey 2014/15. Pemain asal Argentina ini menorehkan predikat sebagai pemain kesembilan yang mampu mencetak gol di tiga final Copa del Rey.

Ia tercatat masuk papan skor pada 2009, 2012, dan 2015 (dengan mengemas dua gol), dan semuanya dilesakkan ke gawang Atletico Bilbao.

Ahli gizi yang berbasis di Sacile, dekat Venice, Giuliano Poser merancang upaya diet yang ketat bagi Messi agar mampu tampil prima di setiap laga, sebagaimana dikutip dari laman Marca.

Messi bersama dengan Poser menjalin kerjasama erat. Sang superstar berjuluk La Pulga itu berpenampilan langsing, karena berat badannya berkurang empat sampai lima kilogram.

Terus dibayangi badai cedera dan dituntut tampil prima bagi tim, Messi kian memerhatikan kondisi fisiknya pada musim ini.

Tergabung dalam trio maut Barcelona yakni Messi, Neymar, Suarez (MSN), pemain depan asal Argentina ini mengalami kemajuan dalam kecepatan berlari dan kelincahan bergerak. Kemajuan ini terang benderang terlihat pada musim ini.

Sebagaimana dikatakan Pep Guardiola, penampilan Messi semakin "tidak terbendung", terlebih ketika ia menguasai bola.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015