Jakarta (ANTARA News) - Sebuah perusahaan daur ulang di Silicon Valley, California, Amerika Serikat, berusaha melacak seorang perempuan misterius yang telah menyumbangkan komputer langka Apple 1, yang tampaknya tak menyadari bahwa benda itu bernilai 200.000 dolar AS atau sekira Rp2,6 miliar.

Perusahaan CleanBayArea di California menemukan benda koleksi itu di dalam sebuah kotak peralatan listrik yang dibawa seorang perempuan berusia 60-an tahun setelah membersihkan garasi mendiang suaminya.

Perusahaan berusaha melacak donatur itu untuk menyerahkan cek 100.000 dolar AS sesuai kebijakan untuk membagi hasil 50-50.

"Kami kira itu palsu, ternyata asli," kata Wakil Preseden CleanBayArea Victor Gichum kepada NBC News.

"Katakan pada perempuan itu, datanglah lagi ke gudang kami di Milpitas dan kami akan memberikan cek 100.000 dolar AS," katanya.

Komputer Apple 1 dirancang dengan tangan oleh pendiri Apple Steve Jobs dan Steve Wozniak yang dijual 666,66 dolar AS per unit. Hanya beberapa lusin dari komputer itu yang kini masih beredar.

Apple 1 merupakan produk pertama Apple yang diluncurkan tahun 1976. Jobs menjual VW Microbus dan Wozniak menjual kalkulator HP-65 seharga 500 dolar AS untuk membiayai proyek itu, demikian seperti dilansir laman Digital Spy.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015