Wellington (ANTARA News) - Brasil dan Jerman melaju pada Piala Dunia U-20 di Selandia Baru, Kamis, sedangkan si liliput Fiji menorehkan sukses dengan menang untuk pertama kalinya pada sebuah turnamen FIFA.

Juara dunia lima kali Brasil menundukkan Hungaria yang bermain dengan sepuluh pemain dengan skor 2-1, sedangkan Jerman mencukur Uzbekistan 3-0, sehingga keduanya maju ke babak 16 Besar.

Nigeria menghidupkan peluangnya maju ke babak selanjutnya dengan menang 4-0 dari Korea Utara, namun yang mengejutkan adalah kemenangan 3-0 Fiji dari Honduras.

Negara di Pasifik ini harus menunggu selama 76 tahun untuk lolos pertama kalinya ke sebuah turnamen FIFA pertamanya, namun dibantai Jerman 8-1 pada laga pembuka.

Namun mereka bangkit kala melawan Honduras yang langsung menyerang dan melupakan kehancuran di tangan Jerman sebelumnya itu.  Pada menit 14, umpan Setareki Hughes mendarat di kaki Iosefo Verovou yang berdiri tak terkawal di sudut kotak penalti. Dia mengeksekusi bola dengan tendangan kaki kiri yang melewati kiper Honduras.

Saula Waqa menggandakan gol itu lima menit kemudian dan diakhiri gol bunuh diri Kevin Alvarez.

Honduras yang menang 4-3 dari Uzbekistan pada laga pembuka, berusaha menjebol gawang Fiji pada babak kedua namun penjaga gawang Misiwani Nairube mementahkannya.

Pelatih Fiji yang berasal dari Australia, Frank Farina, mengatakan kini mereka berpeluang lolos dari Grup E, khususnya jika mereka mendapatkan poin dari pertandingan terakhir mereka melawan Uzbekistan.

"Para pemain kami menyadari bahwa mereka bisa bermain pada level ini dan bahwa mereka layak berada di sini," kata dia. "Kami tanpa beban dan kami akan berjuang untuk lolos."

Brasil hampir tak berhasil menundukkan Hungaria dan malah tertinggal lebih dulu berkat gol Bence Mervo yang menciptakan trigol ke gawang Korea Utara pada pertandingan sebelumnya.  Nasib sial tim dari Eropa itu kehilangan satu pemain pada menit 16 ketika Krisztian Tamas menerima kartu kuning kedua.

Kapten Brasil Danilo akhirnya menyamakan kedudukan pada menit 50 berkat sundulannya dari sudut lapangan.  Brasil berjuang keras memenangkan laga ini sampai akhirnya Andreas Pereira menciptakan gol dari titik penalti pada menit 86, setelah kiper Hungaria Gyorgy Szekely secara kontroversial dianggap menjatuhkan Gabriel Jesus.

Tak ada drama semacam itu saat Jerman bertanding yang dengan mudah mencukur Uzbekistan 3-0, termasuk dua gol dari pemain Frankfurt Marc Stendera pada kedua babak.

Nigeria, tim teratas Afrika, sempat ditahan imbang 0-0 oleh Korea Utara pada babak pertama namun berbalik mendominasi pada babak kedua.  Kiper Korea Ri In Hak menciptakan blunder pada menit 48 yang berusaha menghadang umpan Musa Muhammed namun membuat Saviour Godwin tak terkawal untuk melepaskan sundulan menjadi gol pembuka.

Godwin lalu menciptakan gol kedua, sebelum Kingsley Sokari memasukkan bola dari tendangan jarak jauh, sedangkan Success Isaac menciptakan gol keempat Nigeria, demikian AFP.

- Brasil 2, Hungaria 1
- Jerman 3, Uzbekistan 0
- Fiji 3, Honduras 0
- Nigeria 4, Korea Utara 0

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015