Jakarta (ANTARA News) - Bersih menjadi syarat penting bagi dapur mengingat ruang yang satu ini merupakan tempat aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan atau pangan.

"Untuk dapur sehat cara untuk mengelola sampah menjadi penting, dalam hal ini tempat sampah" kata Bob, show room manager IKEA Indonesia kepada ANTARA News, di Alam Sutera, Tangerang, Kamis.

Lebih lanjut, tempat sampah yang dimaksud Bob adalah tempat sampah yang teroganisir, membedakan sampah basah dan sampah kering.

"Sampah yang basah dan kering dibedakan agar tidak bau, dan dapat didahulukan pembuangannya," kata dia.

Pemilihan tempat sampah yang disertai penutup lebih direkomendasikan oleh Bob untuk menghindari adanya kecoa atau serangga lainnya.

Dua bak cuci, menurut Bob, juga dapat membuat dapur lebih sehat, dengan membedakan peralatan makan atau masak yang berminyak.

Sedangkan untuk penghisap asap dapur atau exhaust hood, Bob menilai peralatan dapur tersebut tergantung pada kebutuhan pengguna.

"Terkadang ada dapur yang di dalam ruangan, tapi ada juga yang di luar ruangan, kalau yang di luar ruangan tentunya tidak perlu," ujar dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015