Jakarta (ANTARA News) - PT Astra International Tbk terus menggulirkan berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dirangkum dalam Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) melalui sembilan yayasan yang berada di bawah naungan mereka.

Hal itu kata Presiden Direktur PT Astra International, Prijono Sugiarto, menjadi bagian dari langkah nyata grup Astra untuk berperan aktif memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

"Bagi Astra, kegiatan bisnis tidak terlepas dari lingkungan dan masyarakat sekitar. kami meyakini bahwa perusahaan tidak hanya harus menguntungkan, tetapi juga harus berkelanjutan," kata Prijono dalam temu media di Jakarta, Kamis.

Selama lebih dari 40 tahun, lanjut Prijono, Astra telah menjalankan kegiatan CSR bersama sembilan yayasannya, yang dicanangkan melalui empat pilar utama yakni pendidikan, lingkungan, usaha kecil dan menengah (UKM) serta kesehatan.

Kesembilan yayasan tersebut adalah Yayasan Toyota & Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Astra Bina Ilmu, Yayasan Astra Honda Motor, Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Karya Bakti United Tractors, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Astra Agro Lestari dan Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara.

Grup Astra mencatat hingga 2014, di bidang pendidikan mereka telah menjalan CSR dengan menyalurkan 159.245 paket beasiswa, membina 13.262 sekola dan membina 28.199 tenaga pengajar.

Sementara di bidang lingkungan Astra hingga 2014 telah menanam sedikitnya 3.333.456 batang pohon dan membudidayakan 805.346 tanaman mangrove.

Kemudian pada bidang kesehatan, Astra hingga 2014 melalui keberadaan mobil kesehatan Astra (MOKESA) telah melayani sedikitnya 94.296 orang pasien, membina 915 unit Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan mengumpulkan 126.452 kantong darah dalam berbagai rangkaian donor darah.

Selain itu dalam pilar keempat yang menyasar pada pemberdayaan ekonomi masyarakat, tidak kurang dari 8.646 UKM telah mendapatkan pembinaan dari Astra hingga 2014 yang diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 57.837 orang.

Kepala Komunikasi, Tanggung Jawab Sosial dan Keamanan Perusahaan PT Astra International, Pongki Pamungkas, menuturkan bahwa berbagai aktivitas sosial yang terpayung dalam SATU Indonesia ini menjadi perwujudan nyata atas filosofi Catur Dharma Astra, yakni "Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara".

"Astra dengan filosofinya memang ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk bangsa dan negara.

"Sebab untuk bisa bahagia dunia dan akhirat selain beribadah kita harus beramal saleh, makanya Astra ingin bermanfaat buat masyarakat," pungkas Pongki sembari melempar kelakar.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015