Karawang (ANTARA News) - Anggota DPR RI dari Partai Demokrat Saan Mustopa dan dua orang lainnya lolos seleksi penjaringan bakal calon bupati Partai Gerindra untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Desember 2015.

Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu Daerah Partai Gerindra Karawang Ade Suhara mengatakan, pihaknya sudah melakukan proses penjaringan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Hasil penjaringan itu, terdapat tiga nama bakal calon bupati yang lolos seleksi. Dari tiga orang yang lolos seleksi itu, terdapat nama Saan Mustopa yang merupakan anggota DPR daerah pemilihan Karawang, dari Partai Demokrat.

Dua orang lainnya yang lolos seleksi ialah Ketua Partai Gerindra Karawang Royke Benta Sahetapy dan Ace Qusaeri Abdurrahman.

"Proses seleksi bakal calon bupati yang mendaftar ke Partai Gerindra itu sudah melalui tahapan dan mekanisme yang telah ditetapkan," katanya, saat dihubungi di Karawang, Jumat.

Setelah menetapkan tiga bakal calon bupati yang lolos seleksi, Badan Pemenangan Pemilu Daerah Partai Gerindra Karawang akan melakukan proses selanjutnya, yakni uji kelayakan dan kepatutan.

"Uji kelayakan dan kepatutan itu akan dilakukan sebelum DPP Partai Gerindra memutuskan penetapan bakal calon bupati mana yang akan didaftarkan ke KPU," kata dia.

Ia mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan tiga bakal calon bupati Karawang itu akan dilaksanakan pada 9 Juni 2015, bersamaan dengan bakal calon bupati dari daerah lain yang juga akan menggelar Pilkada.

Ditanya tentang kemungkinan koalisi dengan partai lain pada Pilkada Karawang, Ade Suhara, menyatakan pihaknya belum menentukan arah koalisi.

Koalisi dengan partai lain baru akan ditentukan setelah deklarasi bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung Partai Gerindra Karawang.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015