Jakarta (ANTARA News) - Pesawat Tanpa Awak OS-Wifanusa hasil ciptaan anak bangsa yang tergabung di Indonesia Maritime Institute (IMI) bekerja sama dengan PT Trimitra Wisesa Abadi, Kamis (4/6) menjalani uji sertifikasi oleh Litbang TNI AL di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Siaran pers Humas IMI, Jumat, menyebutkan, uji sertifikasi yang dipimpin Kadis Litbangal Laksma TNI Ir Fedhy E Wiyana beserta tim uji dari Mabes TNI AL dan Mabes TNI, dinilai berlangsung sukses.

Dalam sambutannya setelah pengujian selesai, Kadislitbangal mengapresiasi hasil karya anak bangsa tersebut.

"Kita patut berbangga atas karya anak bangsa ini, pesawat jenis ini sangat cocok dengan kondisi wilayah NKRI yang di dominasi lautan, semoga ke depan bisa dikembangkan untuk digunakan dalam menunjang berbagai aktivitas maritim, baik sipil maupun militer," kata Fedhy.

Dalam uji tersebut, OS-Wifanusa berhasil menunjukkan performa terbaik, baik dari kestabilan terbang maupun ketepatan system dalam menjalankan misi seperti yang diprogramkan.

Ditempat yang sama, Direktur Eksekutif IMI Dr Y Paonganan mengatakan bahwa setelah melalui proses riset yang panjang, OS-Wifanusa akhirnya bisa mendapatkan pengakuan dari institusi negara dalam hal ini Litbang TNI AL, dengan diadakannnya uji sertifikasi ini.

"Kami semua sangat terharu dan bangga, bahwa hari ini, perjuangan anak-anak bangsa yang tergabung di IMI mendapatkan apresiasi dari Litbang TNI AL, semoga hasil karya ini bisa beguna untuk Indonesia, tentu ini membuat kami makin semangat untuk mengembangkan pesawat ini menuju kesempurnaan sesuai peruntukan. Sertifikatnya akan terbit setelah tim Litbangal melalukan analisis dari hasil uji hari ini," kata demikian Paonganan.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015