Cleveland, Amerika Serikat (ANTARA News) - Dick Motta, yang menghabiskan 25 musim melatih NBA tanpa pernah menjadi pemain bola basket, Selasa waktu AS dinobatkan sebagai peraih Anugerah Lifetime Achievement Asosiasi Pelatih NBA.

Mantan pelatih NBA berusia 83 tahun itu hanya pernah sekali merasakan cincin juara NBA bersama Washington Bullets pada 1978, dengan menuntaskan catatan 935-1.017 pada musim reguler dan 56-70 pada pertandingan playoff dari 1968 sampai 1997.

"Mendapat anugerah semacam ini dari rekan-rekan saya, sesama pelatih, adalah sebuah kehormatan dan sangat membanggakan," kata Motta seperti dikutip AFP.

Motta menghabiskan waktu enam tahun melatih di Universitas Negeri Weber sebelum menukangi Chicago Bulls pada 1968, bertanding enam kali pada playoff dari delapan musim sebelum bergabung dengan Washington selama empat musim.

Dia kemudian melatih Dallas Mavericks, Sacramento Kings dan menutup karirnya bersama Denver Nuggets pada musim 1996-1997.

"Dick Motta adalah peritis kepelatihan NBA sejati yang menciptakan permainan menawan bola basket dengan ketangguhan tak tersaingi," kata pelatih Mavericks dan Presiden Asosiasi Pelatih NBA Rick Carlisle. "Dia adalah pelatih, guru, mentor dan manusia terhormat dengan kepribadian terhebat dalam kepelatihan NBA."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015