Jakarta (ANTARA News) - Asus memperkenalkan jajaran VivoPC, komputer personal berukuran kecil layaknya PC desktop dengan konsumsi daya rendah yang dijual mulai Rp3 jutaan.

"Sekarang ini space semakin mahal, orang-orang butuh sesuatu yang ringkas untuk efisiensi penggunaan ruang. Ukuran VivoPC hanya seluas kotak CD/VCD," kata Country Manager Asus Indonesia Willy Halim saat peluncuran di Jakarta, Kamis.

Pengguna juga dapat memanfaatkan dukungan Vesa Mount, yang memungkinkan perangkat ini terpasang di sisi belakang monitor untuk meminimalkan kebutuhan tempat.

VivoPC series hadir dalam tiga jenis yaitu UN62/UN42 yang dijual Rp3,3 juta, VC60 seharga Rp5,2 juta serta VM62 yang dilego pada harga Rp5,5 juta. Perbedaannya terletak pada ukuran dan kecepatan prosesornya.

Beberapa tipe perangkat ini juga dilengkapi Vivo DualBay berupa fitur yang memungkinkan pengguna menggunakan dua slot Sata sebagai media penyimpanan.

Catu daya yang dibutuhkan piranti ini sekitar 40W dalam kondisi hidup maksimal dan 14W saat idle. Sementara untuk versi VivoMini, PC dengan ukuran lebih ringkas, kebutuhan konsumsi dayanya kurang dari 7W ketika idle.

"Di Indonesia produk ini memang telat masuknya, di beberapa negara lain sudah banyak digunakan, semoga kami bisa mengejar ketinggalan tersebut," kata Willy.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015