Jakarta (ANTARA News) - Sony hari ini memperkenalkan Smart B-Trainer, sebuah perangkat olah raga dan aplikasi yang mampu mengukur detak jantung pengguna dan secara otomatis memilih musik untuk berolahraga efisien.

Fitur-fitur yang dimiliki seperti pemutaran musik cerdas berdasarkan pemantauan denyut jantung serta beragam rencana program latihan dan panduan lewat suara waktu nyata (real time voice coaching) sehingga pengguna mendapatkan hasil latihan yang efektif dan aman dengan cara mengatur dan mengontrol intensitas latihan berdasarkan irama jantung.

Terinspirasi oleh pelari masa kini, dilansir dari keterangan persnya, Smart B-Trainer dapat dipakai di leher seperti kalung dan merupakan produk anti-slip untuk memungkinkan pengguna berlari sebebas mungkin.

Pendamping kegiatan olahraga itu menggabungkan teknologi audio mutakhir Sony dengan sensor dan perangkat lunak terbaru untuk memberikan pengalaman berolahraga yang belum pernah dialami sebelumnya.

Perangkat itu terdiri dari headphone SSE-BTR1 yang dilengkapi dengan enam tipe sensor, yakni denyut jantung, akselerasi, GPS, kompas, gyro, dan barometer, dan merekam 11 tipe data hasil lari antara lain denyut jantung, kalori yang terbakar, jarak, waktu, kecepatan, ritme, irama, langkah kemajuan, rute lari dan elevasi.

Berdasarkan profil pengguna yang ditetapkan dan denyut jantung yang diinginkan, Smart B-Trainer mengukur detak jantung pengguna dan secara otomatis memilih musik untuk berolahraga efisien.

Analisis tempo musik dilakukan melalui teknologi 12 Tone Analysis, yang memadukan berbagai metadata melalui sinyal dan melakukan pengolahan statistik untuk menganalisis gelombang musik.

Saat detak jantung pengguna lebih tinggi dari kecepatan yang ditargetkan, sebuah lagu dengan tempo lambat akan secara otomatis diputar untuk membantu menurunkan ritme lari pengguna dan sebaliknya ketika detak jantung pengguna lebih rendah dari kecepatan yang ditargetkan maka lagu dengan tempo cepat akan secara otomatis diputar.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur tempo lagu dan menyesuaikannya dengan suasana hati pada saat berlari.

Smart B-Trainer for Running adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur data hasil rekaman lari pada ponsel pintar mereka dan dapat juga melihat kembali grafik rekam jejak masa lalu untuk memberikan gambaran jelas tentang kemajuan latihan mereka.

Setelah selesai berolahraga, pengguna dapat mengirim catatan lari ke aplikasi untuk melihat hasil serta dengan mudah melihat kembali pada rekam jejak melalui grafik dan perbandingan dengan akumulasi catatan masa lalu, catatan terbaik, dan tren.

Aplikasi tersebut juga menyediakan pilihan rencana latihan sesuai dengan tujuan akhir pengguna, seperti menjadi lebih sehat, melatih kekuatan otot, bahkan untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti maraton. Setelah menentukan pilihan, program rencana dapat segera dikirim ke Smart B-Trainer melalui Bluetooth untuk segera memulai latihan.

Untuk saat ini tersedia satu jenis program latihan, yakni Program Basic. Program Basic menawarkan beragam pilihan, memungkinkan pengguna untuk mengatur secara manual target saat berlari (waktu, jarak, kalori yang terbakar, irama, dll.) atau memilih tujuan pelatihan, seperti Fat burning training atau Endurance training.

Setelah selesai berolahraga, catatan lari dapat langsung dikirim ke aplikasi Smart B-Trainer for Running untuk melihat hasilnya. Hasil dapat dengan mudah dibandingkan dengan catatan-catatan lalu, menganalisa kemajuan serta memasang target pengguna selanjutnya.

Produk itu memiliki Built-in memori sebesar 16GB sehingga dapat menyimpan hingga 3.900 lagu.

Smart B-Trainer memiliki sertifikasi kedap air setara dengan IPX5/IPX8 sehingga pengguna dapat berlari dengan bebas tanpa khawatir terkendala oleh hujan dan gerimis.

Selain itu, produk ini juga bisa digunakan sebagai headset Bluetooth untuk mengangkat telepon saat berolahraga.

Keunggulan lainnya yakni JIS waterproof protection kelas IPX8 (perlindungan terhadap tekanan air) menunjukkan bahwa menurut kondisi tes Sony, perangkat berenang dipasang dan ditenggelamkan di kedalaman 2.0 meter selama 30 menit tanpa merusak produk. JIS waterproof protection kelas IPX5 ( Perlindungan terhadap aliran air) menunjukkan bahwa pada kondisi dimana selang dengan diameter 6.3 mm digunakan untuk menyemprotkan air dari jarak 3 meter pada 12.5 I/menit selama lebih dari 3 menit, produk masih berfungsi secara normal bahkan ketika disemprot dari segala arah.

Produk itu terlindungi dari cairan berupa air jernih, air keran, keringat and air kolam renang. Ketika digunakan dibawah air, Bluetooth dan beberapa fungsi lainnya (denyut jantung, tekanan, GPS, dll.) tidak akan berfungsi.

Smart B-Trainer akan tersedia mulai tanggal 26 Juni 2015.

Pewarta: Monalisa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015