Makin banyak anggotanya maka makin besar alokasi dana itu, dan ternyata paling banyak di Jawa,"
Lampung (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman berpendapat pemberian dana aspirasi kepada anggota DPR akan menimbulkan kesenjangan antardaerah.

"Makin banyak anggotanya maka makin besar alokasi dana itu, dan ternyata paling banyak di Jawa," kata Irman Gusman di sela mengikuti kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Lampung, Sabtu.

Ia menyebutkan dengan kondisi seperti itu maka dana APBN akan lebih banyak tersalur ke Jawa, padahal daerah luar Jawa juga memerlukan dana untuk pembangunan.

Irman Gusman mengusulkan agar dana aspirasi sebesar sekitar Rp11 triliun itu dibagi saja secara merata untuk 34 provinsi di seluruh Indonesia.

"Dana Rp11 triliun kalau dibagi 34 provinsi maka tiap provinsi akan menerima sekitar Rp400 miliar, itu akan lebih adil," katanya.

Ia juga menyebutkan DPD punya kontribusi besar dalam menjaga stabilitas kondisi sosial politik di daerah.

Sebelumnya Ketua Badan Anggaran DPR Ahmadi Noor Supit mengungkapkan bahwa DPR berencana mengalokasikan dana sebesar Rp11,2 triliun untuk seluruh anggota DPR sebagai dana aspirasi di RAPBN 2016.

Masing-masing anggota DPR akan menerima dana aspirasi sebesar Rp20 miliar yang disalurkan kepada pemerintah daerah untuk digunakan sesuai agenda pembangunan masing-masing daerah.

Dana itu digunakan untuk menyerap aspirasi dari masing-masing daerah pemilihan para wakil rakyat.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015