Santiago (ANTARA News) - Ledakan kecil terjadi di ajang pembukaan Copa America 2015 ketika tim tuan rumah Cile mengalahkan Ekuador dengan skor 2-0. Publik Santiago sontak bersorak riang merayakan kemenangan itu seraya menanti kemenangan selanjutnya agar tim kesayangan mereka dapat melenggang ke kuarter-final.

Cile akan menghadapi Meksiko dalam laga Copa America 2015 yang diadakan di Estadio Nacional Julio Martínez Prádanos, Santiago, pada Senin waktu setempat, atau Selasa pagi, pukul 06.30 WIB. Palagan di ajang sepak bola itu akan ditayangkan secara langsung oleh Kompas TV.

Bermodal optimisme menjulang setelah tampil mengesankan di Piala Dunia 2014 di Brasil, timnas Cile tampil sebagai salah satu tim favorit juara di Grup A. Tim asuhan pelatih Jorge Sampaoli ini kini berada di urutan ke-19 peringkat badan sepak bola dunia (FIFA).

Cile tidak ingin bermimpi muluk-muluk. De facto, mereka diperkuat Claudio Bravo sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di turnamen ini. Kiper ini kini memperkuat Barcelona yang mampu meraih gelar Treble, yakni Champions League, Copa del Rey, dan La Liga.

Cile juga diperkuat striker Arsenal, Alexis Sanchez yang mengukuhkan diri sebagai salah satu pemain terbaik di ajang Premier League, selain gelandang Arturo Vidal yang berkostum Juventus. Pemain yang disebut terakhir ini baru saja membawa timnya tampil di final Liga Champions.

Kosok balik dengan Cile, ternyata Meksiko tidak diperkuat oleh pemain kunci Javier Hernandez dan Giovani dos Santos.

Meksiko di bawah asuhan pelatih Miguel Herrera lebih banyak membawa dan mengandalkan skuat muda minim pengalaman. Ini salah satu kendala yang perlu ditangani dan diselesaikan oleh pelatih itu mengingat tim tuan rumah memiliki sederet pemain berkarakter menyerang.

Komentar dua pelatih:

* Jorge Sampaoli (Cile):
"(Meksiko) tim yang telah membuat kami menghadapi sejumlah kesulitan. Mereka banyak mengandalkan operan-operan terukur dan cermat di lini gelandang. Mereka tampil dengan kekuatan fisik memadai."

"Pemain-pemain mereka mampu berlari dengan cepat dan kuat menjaga jarak. Mereka mengukuhkan diri sebagai tim yang tangguh, sama halnya dengan penampilan Cile."

"Laga ini akan berjalan dinamis dengan menyajikan sejumlah penampilan menawan. Mereka mengukuhkan diri sebagai tim dengan daya juang tinggi."

* Miguel Herrera (Meksiko):
"Kami akan meladeni permainan Cile. Mereka diperkuat oleh sejumlah pemain terampil dan mumpuni, utamanya Alexis Sanchez yang mengukuhkan diri sebagai pemain yang berbahaya."

"Pertandingan akan berjalan ketat dan kami berusaha fokus dan tampil dengan konsentrasi tinggi menghadapi lawan. Kami akan berusaha memenangi setiap perebutan bola dan menguasai bola di lini gelandang. Yang terpenting, kami berusaha tampil kokoh dan tangguh melawan mereka."

Prakiraan susunan pemain:

* Cile (3-4-2-1):
Bravo (penjaga gawang), Mena, Rojas, Medet, Beausejour, Diaz, Aranguiz, Isla, Valdiva, Vidal, Alexis
Pemain cadangan:
Garces, Jara, Pizarro, Albonoz, Prilla, Henriquez, Vargas
Absen: Fernandez (skorsing)

* Meksiko (3-5-2):
Jose Corona (penjaga gawang), Ayala, Salcedo, Dominiguez, Medina, Gomez, Jesus Corona, Flores, Aldrete, Montes, Fabian
Pemain cadangan:
Talavera, Valenzuela, Vuoso, E.Herrera, Esqueda, Aquino, Jimenez
Absen: Marquez (cedera)

Data dan fakta:
* Cile kini bertengger di puncak klasemen setelah mengalahkan Ekuador 2-0 di babak penyisihan. Kemenangan ini tentu menjadi modal menghadapi Meksiko.
* Tim tuan rumah mengandalkan Arturo Vidal yang kini membela Juventus.  
* Kalau saja pasukan asuhan pelatih Sampaoli ini meraih kemenangan maka kemenangan ini menorehkan sejarah bermakna dalam sepak bola negaranya.
* Cile belum pernah keluar sebagai pemenang Copa America.
* Cile mengukuhkan diri sebagai tim yang mampu meraih predikat sebagai skuat tersukses di kawasan Amerika meski belum pernah keluar sebagai juara kompetisi.
* Meksiko mampu keluar sebagai runner-up di Copa America pada 2001.
* Meksiko kini bertengger di peringkat ke-22 badan sepak bola dunia (FIFA).
* Kemenangan melawan Cile tentunya akan menjaga optimisme mereka maju babak selanjutnya.
* Pasukan asuhan pelatih Miguel Herrera ini hanya meraih sekali kemenangan dari lima laga internasional. Mereka mampu menundukkan Guatemala 3-0 di laga persahabatan pada Mei 2015.

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Cile: W W L L W

12/06/2015  Cile  2 - 0  Ekuador
05/06/2015  Cile  1 - 0  El Salvador
29/03/2015  Brasil 1 - 0 Cile
26/03/2015  Iran 2 - 0 Cile
28/01/2015 Cile 3 - 2 Amerika Serikat

* Meksiko: D L D W L

13/06/2015 Meksiko 0 - 0 Bolivia
07/06/2015 Brasil 2 - 0 Meksiko
04/06/2015 Peru 1 - 1 Meksiko
30/05/2015 Meksiko 3 - 0 Guatemala
16/04/2015 Amerika Serikat 2 - 0 Meksiko

Head To Head:
 
* 07/09/2014 Cile 0 - 0 Meksiko
* 04/09/2011 Meksiko 1 - 0 Cile
* 05/07/2011 Cile 2 - 1 Meksiko
* 16/05/2010 Meksiko 1 - 0 Cile
* 25/09/2008 Meksiko 0 - 1 Cile

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Cile 2 - 1 Meksiko (15 persen)
* Cile 2 - 0 Meksiko (10 persen)
* Cile 3 - 1 Meksiko (9 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Penampilan Cile di lini gelandang bakal menemui sedikit kesulitan mengingat Matias Fernandez terkena hukuman karena diusir wasit ketika menang melawan Ekuador.
* Pelatih Sampaoli besar kemungkinan menyimpan sejumlah pemain bertahan, kemudian menggenjot lini depan untuk menggelontorkan serangan ke pertahanan Meksiko.
* Meksiko di bawah Herrera akan mengubah susunan pemain utamanya di lini depan, mengingat mereka perlu tampil ofensif memberi perlawanan kepada tim tuan rumah.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Cile: 2
* Meksiko: 0 

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015