Huawei Luncurkan Cloud Omnimedia Hibrida Pertama di Tiongkok

Huawei Luncurkan Cloud Omnimedia Hibrida Pertama di Tiongkok

Direktur Penjualan dan Solusi Huawei Enterprise Business Group memberikan pidato kunci pada event Huawei and Sobey Omnimedia Industry Summit (ANTARA/PR Newswire)

SHENZHEN, Tiongkok, 16 Juni 2015 (Antara/PRNewswire) -- Huawei, Shenzhen Media Group (SZMG), dan Sobey Digital Technology announced mengumumkan peluncuran Convergent News Center (CNC) SZMG, solusi cloud omnimedia hibrida pertama di Tiongkok. Pusat cloud media ini, yang dikembangkan bersama-sama oleh ketiga instansi di atas, mengintegrasikan berbagai kumpulan sumber komputasi dan media fleksibel yang berbasis infrastruktur jaringan All-IP guna mendukung sistem penyuntingan video cloud hibrida sehingga secara signifikan meningkatkan proses penyuntingan dan distribusi konten.

 

Dikembangkan dengan mengacu pada prinsip pengembangan infrastruktur TIK berorientasi bisnis Huawei Enterprise Business Group, Huawei bekerjasama dengan SZMG dan Sobey untuk menciptakan CNC. Kolaborasi ini berhasil mengidentifikasi berbagai persyaratan dan mengatasi beragam tantangan yang dihadapi perusahaan-perusahaan media penyiaran. Dengan infrastruktur yang mengacu pada Huawei Convergent Media Cloud Solution, CNC merupakan omnimedia cloud hibrida yang didasarkan pada infrastruktur cloud hibrida dan memanfaatkan teknologi big data. CNC terdiri dari dua bagian: public cloud yang terletak di luar stasiun TV dengan kapabilitas penyuntingan low-bit-rate, dan private cloud yang berada di dalam stasiun TV dengan kapabilitas penyuntingan video beresolusi tinggi dan sebanyak enam lapisan. Sinergi antara public dan private cloud secara signifikan mengoptimalkan proses produksi konten, yang notabene mendukung transformasi media penyiaran tradisional.

 

CNC diresmikan di event Huawei and Sobey Omnimedia Industry Summit di Shenzhen, Tiongkok, yang dihadiri sejumlah representatif perusahaan-perusahaan media penyiaran seluruh dunia, penyedia piranti lunak, pakar TI media, perusahaan konsultan pihak ketiga, para representatif dari sejumlah organisasi seperti Asosiasi Perekayasa Film dan Televisi Tiongkok (CSMPTE), dan analis industri untuk mendiskusikan peran dari cloud media konvergen dalam mendorong kesuksesan bisnis di era omnimedia.

 

Di era omnimedia, teknologi cloud computing dan big data memungkinkan perusahaan media penyiaran untuk mengumpulkan informasi lokasi, perilaku, dan channel favorit dari para audiens mereka agar para perusahaan penyiaran dapat menyediakan program-program khusus kapanpun dan dimanapun. Chief Engineer SZMG, Fu Fengchun, menyampaikan, "SZMG berambisi untuk mentransformasikan industri media penyiaran dan melampaui cara pengolahan data media (content ingestion), produksi tertutup dan one-sided communication. Industri ini perlu untuk melibatkan konvergensi omnimedia, produksi co-platform, dan distribusi multi channel dengan menggunakan platform berbasis cloud agar dapat berintegrasi dengan sumber konten yang sudah ada."

 

"Peralihan menuju penggunaan produksi omnimedia dan platform cloud penyiaran merupakan tren yang akan datang dan juga merupakan sektor dimana media TV dan radio dapat berinvestasi. Media penyiaran perlu melengkapi diri mereka dengan kapabilitas produksi dan penyiaran omnimedia yang cerdas, disesuaikan dengan kebutuhan mereka, terintegrasi, dan komprehensif melalui penggunaan platform berbasis cloud. Platform ini akan memungkinkan mereka untuk fokus pada peningkatan sejumlah kapabilitas kunci seperti pengolahan, produksi, manajemen, dan distribusi konten serta pada area-area seperti kapabilitas intelejensia, pengiriman permintaan, kolaborasi, dan jaminan keamanan," ujar Chief Engineer Akademi Ilmu Penyiaran, Dinas Pers, Publikasi, Radio, Film, dan Televisi Republik rakyat Tiongkok (SAPPRFT).

 

Presiden Unit Penjualan Pemasaran dan Solusi, Enterprise Business Group, Huawei, He Dabing, mengatakan, "Dengan fokus pada pengeksplorasian inovasi teknologi pada platform cloud media konvergen, Huawei telah bekerjasama dengan para mitra kami, Sobey dan SZMG, untuk membangun platform produksi cloud omnimedia hibrida pertama di industri media penyiaran Tiongkok. Cloud media memungkinkan fasilitas penyuntingan video cloud hibrida, yang notabene akan meningkatkan efisiensi produksi konten. Sistem private cloud milik SZMG digunakan untuk fasilitas penyuntingan high-bit-rate, sementara platform public cloud untuk penyuntingan, transcoding, dan rendering diluar stasiun TV memungkinkan para jurnalis untuk mengumpulkan, menyunting, dan mengunggah rekaman video kapanpun dan dimanapun. Selain itu, pengintegrasian antara public dan private cloud yang dipadukan dengan analitik big data memungkinkan terciptanya penggunaan dan akses aset konten masif yang lebih baik untuk pengiriman konten secara presisi guna mendukung transformasi omnimedia.

 

Di event ini, untuk pertama kalinya, Huawei memamerkan Convergent Media Cloud Solution. Direktur Teknologi Departemen Solusi Industri Bisnis, Enterprise Business Group Huawei, mendemonstrasikan kemampuan platform cloud media ini yang dapat mendukung produksi dan penyiaran secara mudah dan lancar. Para pengunjung dapat mengunggah foto dan video yang ada di dalam gadget mereka, menyunting video secara real-time, dan mendistribusikan konten kepada berbagai platform seperti situs, portal online, dan channel TV 4K.

 

"Selain dapat meningkatkan produksi dan penyiaran konten, cloud omnimedia hibrida kami telah membentuk fondasi yang kuat untuk membuka banyak peluang bisnis baru di masa depan," ujar Fu. "Arsitektur TI berbasis cloud-nya memungkinkan penggunaan yang fleksibel, agar sumber TI dapat ditata ulang dengan cepat jika dibutuhkan. sebagai contohnya, kami dapat dengan mudah memperkenalkan channel dan program TV mengingat kecepatan peluncurannya telah dipangkas secara signifikan. Secara keseluruhan, cloud media mendukung berbagai upaya SZMG untuk menyediakan pengalaman video dan audio yang tiada duanya kepada para audiens dan juga meningkatkan penggunaan sumber daya."

 

Huawei Convergent Media Cloud Solution dikembangkan oleh Huawei bersama dengan Sobey sebagai bagian dari kemitraan. Kedua perusahaan telah berinvestasi pada berbagai teknologi seperti media penyimpanan berkapasitas besar dan berkinerja tinggi, platform pengolah video level profesional berbasis cloud, jaringan operator dengan jaminan 0% packet loss, dan pusat data terdistribusi. Kini, solusi ini telah diimplementasikan di lebih dari 1000 perusahaan media dan hiburan ternama di 15 negara, diantaranya Tiongkok, Perancis, dan Italia. Perusahaan-perusahaan tersebut diantaranya adalah SZMG, Phoenix TV, China Central Television (CCTV), British Entertainment Company IMG, Digital Domain, Tata Sky, Jordan Radio and Television Corporation (JRTV), Rain Post, Russian Television and Radio Broadcasting Company, dan Pinewood. ke depannya, Huawei akan tetap berkomitmen untuk mendukung transformasi indsutri media penyiaran melalui kemitraan industri.

 

Tentang Huawei

Huawei adalah penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) global terkemuka. Didorong oleh inovasi yang berorientasi konsumen dan kemitraan terbuka, Huawei sukses membangun portofolio solusi TIK komprehensif yang memberikan keunggulan kompetitif kepada para konsumen di sektor telekomunikasi dan jaringan internet enterprise, perangkat dan cloud computing.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://www.huawei.com.

       

Foto - http://photos.prnasia.com/prnh/20150612/0861505247

 

KONTAK: Andrew Wong, +852-9235-3940, Wong.Pui.Shing@huawei.com

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar