Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) berencana menambah stasiun pengisian bahan bakar umum di sepanjang jalur Tol Cikopo-Palimanan, menyusul empat SBPU yang telah diresmikan pada Sabtu (13/6).

"Nanti satu jalur akan tambah dua SPBU lagi, supaya jaraknya tidak terlalu jauh jadi 30 kilometer antar-SPBU," kata Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR RI di Jakarta, Selasa.

Bambang menuturkan Pertamina telah meresmikan empat SPBU di lokasi area peristirahatan jalur tol Cikopo-Palimanan dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna jalan tersebut saat arus mudik dan balik Lebaran.

Keempat unit SPBU tersebut masing-masing terletak di tempat istirahat kilometer 102 dan kilometer 166 untuk arah Palimanan, dan tempat istirahat kilometer 101 dan kilometer 164 untuk arah Cikopo.

Pengoperasian SPBU akan dilakukan secara bertahap, dimulai di SPBU tempat istirahat 102.Selanjutnya SPBU kilometer 101 beroperasi pada 22 Juni 2015, kilometer 166 pada 30 Juni 2015, dan kilometer 164 pada 7 Juli 2015.

"Kami akan kebut penyelesaian SPBU di jalur ini supaya bisa selesai sebelum mudik Lebaran," ujarnya.

Bambang juga mengimbau pemudik untuk mengisi penuh bahan bakar sebelum masuk Tol Cikopo-Palimanan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih kondisi jalanan di jalur mudik yang baru diresmikan itu dipastikan akan padat.

"Kami juga akan sediakan SPBU yang mobile sebelum masuk tol," katanya.

Ketua Komisi VII Kardaya Warnika, dalam kesempatan yang sama, mengingatkan Pertamina untuk mempersiapkan pasokan bahan bakar minyak dengan baik, terutama di jalur mudik Tol Cipali.

Ia mengaku khawatir ada kendaraan yang kehabisan BBM di tengah jalan di jalur baru tersebut.

"Jangan sampai ada mobil kehabisan BBM di tengah-tengah dan tidak bisa isi bensin karena SPBU jauh. Lalu dalam keadaan mudik dan padat kan bisa menyebabkan macet parah. Ini bisa repot," katanya.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015