Kopenhagen (ANTARA News) - Koalisi tengah-kiri yang menguasai pemerintahan Denmark dan kubu oposisi sayap kanan bertarung ketat pada jajak pendapat menjelang Pemilu Kamis esok di mana Perdana Menteri "selfie" Helle Thorning-Schmidt meraih lagi popularitasnya setelah bangkitnya perekonomian negara itu.

Selasa kemarin, jajak pendapat yang dipublikasikan harian Jyllands-Posten menyebutkan blok sayap kanan dipilih 49,9 persen suara, sedangkan blok tengah-kiri unggul tipis 50,1 persen.

Survei lainnya oleh Politiken, sayap kanan malah unggul 50,2 persen, sedangkan tengah-kiri 49,8 persen.

"Bersama Helle Thorning-Schmidt, ada efek perdana menteri: rakyat melihat dia lebih sebagai kepala pemerintahan ketimbang (pemimpin oposisi) Lars Lokke Rasmussen, dan itu bagus untuknya, namun itu tak berarti dia akan menang," kata profesor ilmu politik Drude Dahlerup dari Universitas Stockholm.

Thorning-Schmidt (48) sempat mengecewakan banyak pemilih sayap kiri karena memangkas pajak dan mempertahankan para pendahulunya yang kontroversial karena menikmati pemangkasan pajak itu.  

Namun bangkitnya lagi ekonomi telah membawa blok politiknya mencengkeram balik dengan unggul tujuh persen dari kubu oposisi pada berbagai jajak pendapat beberapa hari setelah dia mengumumkan Pemilu beberapa waktu lalu, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015