Denpasar (ANTARA News) - Pengrajin dari Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali, memamerkan kain mastuli di Pesta Kesenian Bali ke-37 yang berlangsung sebulan 13 Juni sampai 11 Juli di Taman Budaya Denpasar.

Made Suastika, seorang pengrajin kain mastuli, menjelaskan pengrajin membuat jenis kain itu menggunakan kain-kain halus seperti sutera dan menggambar motif pada kain menggunakan semacam canting yang biasa digunakan untuk membatik.

"Masyarakat lebih senang membeli kain mastuli karena sangat lembut, jika dibandingkan dengan jenis endek atau songket kadang lebih keras dan kaku jika digunakan," katanya di ajang Pesta Kesenian Bali, Jumat.

Kain mastuli yang biasanya penuh warna dan terang, ia menambahkan, kadang juga dibuat dari kain-kain halus lain yang bukan sutera.

Menurut Made Suastika, harga kain mastuli bervariasi antara Rp450 ribu sampai Rp7 juta per helai sesuai dengan jenis kain dan coraknya.

"Kain mastuli seharga itu memiliki corak tulis yang sangat menarik dan mengandung unsur seni tinggi," kata dia tentang kain mastuli yang harganya sampai Rp7 juta per helai. (T.KR-LHS)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015