Berdasarkan hasil tes yang sebelumnya sudah dijalani oleh para peserta, ternyata Pak Ozwar berhasil menduduki peringkat pertama
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah menunjuk satu pejabat untuk menempati posisi Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang saat ini kosong.

Pejabat yang telah dipilih oleh Basuki untuk mengisi jabatan itu adalah Ozwar Muadzin, yakni Direktur Tata Ruang dan Pertanahan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI.

"Saya sudah menentukan Pak Oswar dari Bappenas yang akan mengisi jabatan Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Pria yang akrab disapa Ahok itu mengaku tidak kesulitan dalam menentukan pejabat yang dianggap pantas mengisi jabatan tersebut, karena dilakukan berdasarkan hasil tes yang telah dijalani.

"Berdasarkan hasil tes yang sebelumnya sudah dijalani oleh para peserta, ternyata Pak Ozwar berhasil menduduki peringkat pertama. Berarti, beliau bisa mengalahkan peserta lainnya," ujar Ahok.

Bukan hanya itu, mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan bahwa pejabat dari Bappenas itu juga mampu menyelesaikan sesi tes interview atau wawancara dengan sangat baik.

"Waktu itu, tes wawancara dilakukan langsung bersama dengan saya. Jadi, saya sudah ketemu sebentar dengan beliau, sekitar sepuluh menit. Setelah saya pertimbangkan, saya pikir beliau boleh juga," ungkap Ahok.

Selanjutnya, dia mengaku akan menyerahkan keputusan tersebut kepada Presiden Joko Widodo untuk kemudian diterbitkan Keputusan Presiden (Keppres). Setelah dasar hukum itu keluar, baru akan dilangsungkan pelantikan.

Dalam tes tersebut, Oswar telah menyisihkan dua peserta lainnya, yakni Abdul Kamarzuki dari Kementerian Koordinator bidang Perekonomian dan Eko Cahyono dari Pemprov DKI.

Posisi Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta sebelumnya ditempati oleh Sarwo Handayani yang telah memasuki usia pensiun. Namun, kini Sarwo dipercaya oleh Ahok memimpin Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015