Edmonton, Kanada (ANTARA News) - Dua gol dari Alex Morgan dan Carli Lloyd mengantarkan juara Olimpiade Amerika Serikat ke perempat final Piala Dunia Wanita 2015 setelah menang 2-0 Selasa pagi melawan Kolombia yang harus bermain dengan sepuluh orang.

Tim Amerika Selatan berperingkat 28 dunia itu harus kehilangan seorang pemain hampir sepanjang babak kedua setelah penjaga gawang Catalina Perez menghajar Morgan dua menit setelah babak kedua mulai.

Abby Wambach mengeksekusi tendangan penalti namun striker superstar ini gagal memasukkan bola sehingga gagal pula menyamai rekor 15 gol Piala Dunia Wanita yang diciptakan bintang Brasil, Marta.

Morgan akhirnya memecah kebuntuan pada menit 53, yang disusul gol Lloyd sekitar 13 menit kemudian dari titik penalti setelah Megan Rapinoe dilanggar di kotak penalti oleh bek Angela Clavijo.

Amerika Serikat, peringkat kedua dunia dan juara dunia 1991 serta 1999, akan menghadapi Tiongkok untuk memperebutkan satu tempat di semifinal.

Perez menggantikan penjaga gawang Sandra Sepulveda yang tak bisa bermain karena menerima kartu kuning kedua saat kalah 1-2 dari Inggris Rabu pekan lalu.

Stefany Castano menggantikan Perez di tiang gawang dengan mengeluarkan penyerang Ingrid Vidal, namun Kolombia tidak seheroik saat mereka secara mengejutkan menang 2-0 dari Prancis pada fase grup, demikian AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015