Payakumbuh, Sumbar (ANTARA News) - Sebanyak 33 ribu pelajar Kota Payakumbuh Sumatera Barat (Sumbar), akan mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan yang akan dilaksanakan 4 - 13 Juli 2015.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Hasan Basri di Payakumbuh Selasa mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan pada 78 masjid dan mushalla yang tersebar pada lima kecamatan di daerah itu.

"Para pelajar dari tingkat SD hingga SMA akan mengikuti pendidikan berbasis agama tersebut," kata dia.

Ia mengatakan, kegiatan Pesantren Ramadhan tersebut dilaksanakan secara terpadu dengan pengurus masjid, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang ada di masing-masing kelurahan.

Dinas Pendidikan telah melakukan koordinasi untuk mematangkan pelaksanaan kegiatan tersebut dengan lembaga-lembaga itu sehingga Pensantren Ramadhan dapat berjalan dengan baik.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan di seluruh kelurahan dan para pelajar dapat memilih salah satu yang menyelenggarakan Pesantren Ramadhan yang dekat dari domisili mereka.

Kemudian para guru yang terlibat dalam kegiatan tersebut juga akan disesuaikan dengan tempat tinggalnya agar mereka mudah melaksanakan tugas itu.

Sementara untuk jadwal pelaksanaannya, dari subuh hingga pukul 09.00 WIB untuk pelajar SD/MI, pukul 09.00 sampai shalat zuhur buat pelajar SMP/MTs dan pukul 13.00 hingga usai shalat ashar pelajar SMA/SMK/MA.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melahirkan generasi muda yang berkarakter dan berakhlak mulia yang berlandaskan "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah".

Salah seorang Warga Payakumbuh Yulianto berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada para pelajar sehingga dapat membentengi diri mereka dari pengaruh negatif.

Pewarta: M R Denya Utama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015