Jakarta (ANTARA News) - Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) diyakini mampu mendorong pertumbuhan industri material dasar logam dalam negeri, demikian disampaikan Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta.

“Melalui program P3DN, pemerintah memberikan dukungan agar mampu menjadi pemicu untuk meningkatkan penggunaan produk logam dalam negeri, terutama terhadap proyek-proyek yang dibiayai oleh APBN,” kata Menperin di Jakarta, Selasa.

Program P3DN merupakan upaya pemerintah mendorong masyarakat maupun badan usaha agar lebih menggunakan produk dalam negeri dan memberdayakan industri dalam negeri.

Caranya, melalui pengamanan pasar domestik, mengurangi ketergantungan kepada produk impor dan meningkatkan nilai tambah produk di dalam negeri. 

Husin mengatakan, salah satu bentuknya adalah dengan mewajibkan instansi pemerintah untuk memaksimalkan penggunaan hasil produksi dalam negeri pada kegiatan pengadaan barang/jasa yang dibiayai oleh APBN/APBD.

Dia menegaskan, sebagai salah satu industri dasar yang menunjang produksi barang modal dengan logam sebagai bahan baku utamanya, industri logam memiliki peranan yang cukup besar terhadap pengembangan industri nasional. 

“Prospek industri logam nasional di masa mendatang sangat baik, dilihat dari sisi demand yang seharusnya direspon dengan meningkatkan suplai melalui optimalisasi utilisasi maupun investasi baru,” ujar dia.

Husin menambahkan, potensi bahan baku di dalam negeri yang melimpah dan belum dimanfaatkan secara optimal, juga menjadi peluang besar untuk meningkatkan daya saing produk.

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015