Denpasar (ANTARA News) - Provinsi Bali terpilih menjadi tuan rumah kegiatan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) III, yang berlangsung di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, pada 9-11 Oktober 2015.

Ketua Panitia Daerah Fornas III, I Nyoman Sukanada, di Denpasar, Rabu, mengatakan dipilihnya Bali menjadi tuan rumah Fornas III karena mampu menarik banyak peminat untuk ikut serta dalam kegiatan olahraga rekreasi itu.

"Tujuan dari kegiatan Fornas ini untuk menyemarakkan kegiatan olahraga rekreasi yang rutin diselenggarakan 2 tahun sekali itu sehingga lebih dikenal masyarakat luas," ujar Nyoman Sukadana.

Nyoman Sukadana menuturkan kegiatan Fornas tersebut diikuti 34 provinsi dan 111 negara yang diprediksi menghabiskan dana melebihi Rp1 miliar.

Menurut dia, kegiatan Fornas III tersebut bersifat kebersamaan yang dapat diikuti semua kalangan usia, sehingga diprediksi akan banyak diminati masyarakat luas.

"Dalam waktu dekat kami segera menyosialisasikan kepada masyarakat di Kabuaten/kota di Bali terkait kegiatan olahraga rekreasi itu," ujar Sukanada yang juga Mantan ketua Harian PBVI Bali itu.

Untuk pendaftaran di masing-masing provinsi di luar Bali, ujar dia, langsung ditangani Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) pusat. Akomodasi dan transportasi ditanggung peserta di masing-masing Provinsi.

Kegiatan Fornas tersebut mempertandingkan 34 cabang olahraga yang terbagi menjadi tiga kategori yakni olahraga kesehatan dan kebugaran sebanyak 10 cabang, yang melibatkan yayasan jantung sehat senam tera, senam PORPI dan Orhiba.

Kemudian, untuk ketegori olahraga tradisi dan budaya sebanyak 13 cabang olahraga di antaranya hadang dagongan, pencak silat, tarik tambang, gateball, egrang, pencak silat budaya.

Selain itu, untuk ketegori olahraga petualangan dan tantangan terdapat 11 cabang olahraga, di antaranya BMX, sktebord stretsoccer, FAI, Pogti.

Fornas 2015 juga diisi kegiatan gerak jalan santai yang menargetkan 30.000 peserta yang berlangsung pada 10 Oktober 2015 dengan menempuh jarak 5 kilogram.

Dalam kegiatan tersebut, panitia menawarkan kupon sumbangan berhadiah kepada peserta jalan santai dengan harga Rp25.000 yang nantinya memperebutkan hadiah berupa antara lain mobil, sepeda motor, televisi, mesin cuci dan sepeda yang diundi pada 17 Oktober 2016

Pewarta: I Made Surya
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015