Google luncurkan layanan "streaming" musik gratis

Google luncurkan layanan "streaming" musik gratis

Jakarta (ANTARA News) - Google Inc meluncurkan versi gratis dari layanan streaming musiknya pada Selasa (23/6), berupaya menyaingi layanan serupa dari Apple Inc, Apple Music, yang akan diluncurkan pekan depan.

Google Play Music telah menawarkan layanan langganan dengan biaya 9,99 dolar AS per bulan selama dua tahun namun pada Selasa perusahaan itu meluncurkan versi gratis dari layanan tersebut.

Manajer Produk Google Elias Roman mengatakan layanan tersebut akan tersedia daring dan akan hadir di Android dan iOS akhir minggu ini.

Awal bulan ini Apple menyatakan akan meluncurkan layanan streaming musik pada 30 Juni dengan ongkos berlangganan 9,99 dolar AS per bulan atau 14,99 dolar AS per bulan untuk paket keluarga, dengan masa percobaan tiga bulan gratis.

Seperti layanan serupa lainnya, Spotify dan Rhapsody, Google Play Music membuat daftar lagu sendiri.

 Namun, pengguna juga dapat menyesuaikan daftar lagu mereka berdasarkan genre, artis atau bahkan aktivitas, seperti "pesta" atau "di tempat kerja."

"Kami percaya ini adalah sebuah langkah yang akan menarik lebih banyak orang untuk menggunakan layanan," kata Roman dalam wawancara dengan kantor berita Reuters.

Tidak seperti layanan musik berlangganan Google, layanan gratis tersebut menampilkan iklan ke aplikasinya, tidak dapat diakses secara offline dan mengecualikan lagu-lagu tertentu dalam daftar. Meski demikian, pengguna dapat melengkapi daftar lagu mereka dengan meningkatkan layanan.

Roman mengatakan jutaan orang melihat Google Play Music tiap bulan tetapi tidak siap membayar untuk berlangganan.

Dengan menawarkan versi gratis dari layanan ini, dia mengatakan, Google berharap lebih banyak orang akan membayar untuk peningkatan versi.

Menurut Ted Cohen, mitra pengelola dari konsultan hiburan digital TAG Strategic, Google meluncurkan layanan tersebut pada waktu yang strategis.

"Cerdas melakukannya saat semua perhatian tertuju pada Apple," katanya.

"Kalau mereka melakukannya tanpa kehadiran layanan Apple, ceritanya tidak akan sama," kata Cohen.

Google menolak untuk menyebutkan jumlah pelanggan Google Play Music, hanya menyatakan pelanggannya pada 2014 dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Namun para pesaing seperti  Pandora, Spotify dan Beats Music pada 2014 lebih banyak diunduh daripada Google Play Music menurut data perusahaan analisis App Annie.

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar