Bandung (ANTARA News) - Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XIX/2016 Jawa Barat telah menyiapkan sejumlah venue cadangan di sejumlah kabupaten/kota sebagai bentuk antisipasi jika ada keterlambangan pembangunan arena PON itu.

"Seperti kami telah menyiapkan GOR Bima di Kabupaten Cirebon sebagai venue cadangan untuk pertandingan bulu tangkis dan tarung derajat," kata Ketua Bidang Sarana dan Prasarana PB PON XIX/2016 Jawa Barat Bambang Riyanto, di Bandung, Rabu.

Selain itu GOR Bima di Kabupaten Cirebon, lanjut Bambang, venue cadangan juga terdapat di Kabupaten Indramayu yakni untuk pertandingan bola voli dalam ruangan.

"Kemudian di Kabupaten Subang juga ada, di Kabupaten Bandung juga ada gymnasium, itu bisa dipakai, siap. Jadi masih banyak alternatif," kata Bambang.

Pihaknya optimistis pengerjaan venue PON akan selesai tepat pada waktunya karena sejumlah kabupaten/kota yang ditunjuk menjadi tuan rumah pertandingan pun terus mengerjakan pembangunan arena tersebut.

"Akhir pekan lalu kami mengundang seluruh pemerintah kabupaten/kota yang ditunjuk menjadi tuan rumah pertandingan ajang olahraga empat tahunan itu," kata dia.

Berdasarkan laporan pemerintah kabupaten/kota tersebut, lanjut Bambang, proses pengerjaan venue hingga saat ini masih terus berjalan sehingga tidak ada yang terhenti.

"Pada prinsipnya sudah mengerjakan, ada juga yang lelang. Sampai Desember 2015 nanti bisa selesai," kata Bambang.

Ia mengatakan, optimismenya ini bertambah setelah tim Delegasi Teknis KONI Pusat merekomendasikan seluruh venue PON Jawa Barat.

Adapun sejumlah catatan penilaian yang diberikan tim dari KONI Pusat tersebut skalanya kecil dan sederhana.

"Jadi mereka memberi catatan, ada kurang sedikit. Itu bisa dilengkapi sesuai sarannya," kata dia. 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015