Kami mengharapkan ada dukungan pembiayaan. Untuk perbankan normal kan bunganya 13 persen, sedangkan di Korea, Tiongkok dan Jepang bunganya rendah sekali. Di Tiongkok misalnya 5-6 persen saja."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Pantai (Iperindo) Eddy Kurniawan Logam mengatakan, industri galangan kapal dalam negeri membutuhkan paket kebijakan yang mampu mendorong kemajuan industri ini, salah satunya berupa dukungan pembiayaan.

"Kami mengharapkan ada dukungan pembiayaan. Untuk perbankan normal kan bunganya 13 persen, sedangkan di Korea, Tiongkok dan Jepang bunganya rendah sekali. Di Tiongkok misalnya 5-6 persen saja," kata Eddy Logam di Jakarta, Senin.

Menurutnya, jika pemerintah melihat industri galangan kapal sebagai industri strategis, maka akan ada kebijakan khusus, tidak hanya dari segi dukungan fiskal, namun juga dari sisi perbankan.

Dengan pembiayaan yang lebih murah, lanjut Eddy, importasi kapal untuk kebutuhan dalam negeri akan berkurang, sehingga devisa negara yang lari ke luar juga akan ditekan.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, permintaan dukungan pembiayaan tersebut menjadi salah satu hal yang dibicarakan dalam Rapat Terbatas yang membahas industri galangan kapal bersama presiden siang ini.

"Kalau industri galangan di Batam, mereka bisa pinjam ke Singapura dengan bunga kira-kira 3-5 persen. Sementara di luar Batam, kalo pakai pinjaman dalam negeri itu 13 persen. Inilah salah satu yang kami perjuangkan," kata Menperin.

Menurutnya, pemerintah sedang mencari formulasi pembiayaan yang dapat mendukung industri galangan kapal di dalam negeri.

"Terkait bunga bank ini nanti dicari formulanya," ujar Menperin.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015