Medan (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho menyerukan umat Islam untuk melaksanakan sholat ghaib bagi para korban kecelakaan pesawat Hercules yang jatuh di Jalan Jamin Ginting Medan, Selasa, 30 Juni siang.

Imbauan tersebut disampaikan Gatot usai meninjau jenazah korban Hercules di Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsma Agus Supriatna, Selasa malam.

Di RS H Adam Malik itu, seluruh mayat korban dikumpulkan guna proses identifikasi.

Mengingat dewasa ini umat Islam sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan yang penuh berkah dan pengampunan, kata Gatot, diharapkan masyarakat berdoa mohon keampunan dosa para korban.

"Atas nama pribadi, masyarakat dan Gubernur Sumut, saya mengucapkan turut berduka cita atas musibah tersebut. Mohon doa seluruh rakyat agar korban diterima amal ibadahnya dan diampunkan dosa-dosanya," ujar Gubernur.

Sebelumnya pada siang hari Gubernur memantau langsung dan mengkoordinasikan proses penanganan kecelakaan pesawat Hercules di lokasi kecelakaan.

Bersama Kapolda Sumut, Pangkosek Hanudnas III Kolonel (Pnb) Arief Mustofa dan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin ikut mengkoordinasikan evakuasi dan penanganan kecelakaan pesawat yang terjadi di tengah pemukiman tersebut.

Gubernur kembali menegaskan, dia sudah menginstruksikan semua anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) beserta jajarannya turun ke lokasi untuk membantu penanganan evakuasi korban.

Pemprov Sumut dan Pemkot Medan sudah menurunkan beberapa alat berat berupa eskavator untuk mengangkat reruntuhan dan puing pesawat yang menimpa bangunan dan sejumlah kendaraan.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015