Bangka Tengah promosikan Pulau Ketawai

Plang yang lama sebenarnya bersifat sementara saja, maka kami bangun yang permanen dengan menjulang tinggi sehingga bisa terlihat dari kejauhan,"
Koba (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung membangun secara permanen plang nama Pulau Ketawai untuk menambah eksotis pulau yang memiliki luas 29,5 hektare itu.

"Plang yang lama sebenarnya bersifat sementara saja, maka kami bangun yang permanen dengan menjulang tinggi sehingga bisa terlihat dari kejauhan," kata Sekretaris Disparbudpora Kabupaten Bangka Tengah, M Yusuf di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, dudukan plang nama dibuat dari semen dan nama Pulau Ketawai dibuat dengan ketinggian satu meter.

"Plang nama sedikit digeser ke sebelah kiri pulau atau tepat di dermaga kapal yang singgah di pulau yang memiliki panorama alam eksotis ini," katanya.

Ia mengatakan, pembangunan plang nama Pulau Ketawai berada tidak jauh dari pinggir pantai namun aman dari hantaman gelombang.

"Tujuan kami agar mudah dilihat dari kejauhan, sebelum kapal mendarat maka plang nama sudah terlihat dengan megahnya sehingga menambah keindahan pulau," ujarnya.

Ia mengatakan, ukuran tulisan Pulau Ketawai cukup besar sehingga sangat indah diabadikan dalam bentuk dokumentasi bagi pengunjung.

"Biasanya plang nama merupakan lokasi pemotretan awal bagi pengunjung untuk membuktikan mereka sudah masuk pulau nyiur melambai tersebut, makanya plang nama dibangun lebih bagus dari sebelumnya," ujarnya.

Menurut dia, Pulau Ketawai merupakan lokasi wisata yang diminati wisatawan karena mudah dijangkau yang hanya menempuh perjalan sekitar 30 menit untuk menuju pulau ini.

"Gerbang masuknya dari Desa Kurau yang dikenal dengan desa nelayan karena mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai nelayan," katanya. 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Pemprov Babel normalisasi Sungai Kurau

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar