Vancauver (ANTARA News) - Amerika Serikat menjuarai Piala Dunia Wanita untuk ketiga kali dengan melumat Jepang 5-2 yang tiga gol di antaranya diciptakan striker Carli Lloyd lewat trigol tercepat dalam turnamen ini, termasuk satu gol spektakuler dari setengah lapangan.

Kapten tim Amerika itu menciptakan tiga gol dalam kurun 16 menit ketika secara mengejutkan AS langsung memimpin 4-0.

Jepang, juara empat tahun lalu, tidak berdaya saat AS menambahkan gelar juara dunianya yang ketiga setelah 1991 dan 1999 untuk menjadi negara pertama yang tiga kali menjadi juara Piala Dunia.

Pertandingan yang dimainkan di hadapan 53.341 penonton di Stadion BC Place ini adalah final Piala Dunia Wanita paling subur gol, sekaligus pertandingan terakhir yang sangat menghibur.

Tidak ada tim yang mencetak lebih dari dua gol pada final Piala Dunia Wanita namun Lloyd yang cemerlang malah menciptakan tiga gol dalam kurun 16 menit.

Gol pembuka tercipta pada menit ketiga ketika Megan Rapinoe mengirim umpan diagonal yang panjang yang diterima dengan baik oleh Lloyd lewat tendangan first-time yang keras yang memperdaya kiper Jepang Ayumi Kaihori.

Jepang makin terseok dua menit kemudian ketika Lloyd menggandakan keunggulan dari situasi set-piece. Tendangan mendatar ke kotak penalti memperdaya Jepang dan kali ini datang dari tendangan bebas Lauren yang tak bisa dihalau barisan pertahanan Jepang yang malah jatuh ke Lloyd untuk dia masukkan ke gawang Jepang.

Jepang ketinggalan 0-3 sampai menit 14 ketika sundulan untuk menghalau bola dari Azusa Iwashimizu malah jatuh ke Lauren Holiday yang tak ayal melepaskan tendangan voli dari dalam kotak penalti.

Namun gol yang paling menawan terjadi dua menit kemudian ketika Lloyd membawa bola di tengah lapangan dan menyaksikan Kaihori terlalu jauh meninggalkan gawang sehingga bola dia langsung kirim ke gawang dan kiper Jepang itu terperanjat tidak menyangka namun gerakannya sudah terlambat untuk menghalau bola.

Jepang memperkecil ketinggalan pada menit 27 ketika Yuki Ogimi memperdaya Julie Johnston di kotak penalti untuk kemudian melepaskan tembakan yang tak bisa dijangkau Hope Solo guna mengubah kedudukan 4-1.

Jepang menciptakan gol kedua dari tendangan bebas jarak jauh Aya Miyami, namun dua menit kemudian Amerika menciptakan satu gol penutup ketika bola sepakan penjuru jatuh kepada Morgan Brian yang mengumpan Tobin Heath untuk kemudian dijadikan gol sampai mengubah kedudukan menjadi 5-2, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015