TNI AU kaji pengganti pesawat Hercules

TNI AU kaji pengganti pesawat Hercules

Ilustrasi. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) TNI Marsekal Madya TNI Agus Supriatna mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden Joko Widodo saat acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (2/1). Agus Supriatna yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI menjadi KSAU menggantikan Marsekal Ida Bagus Putu Dunia yang akan memasuki masa pensiun pada Februari 2015. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Pesawat lebih besar, yang jelas itu baru, sekarang sudah disepakati kalau pengadaan mengutamakan yang baru...."
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna mengaku sudah melakukan kajian untuk mengganti pesawat Hercules dengan pesawat angkut yang baru, namun penggantian pesawat itu menunggu keputusan dari Kementerian Pertahanan.

"Kita sudah bikin pengkajian tapi semua tergantung pemerintah. Kita jelas minta yang terbaru dan banyak. Dari Airbus Prancis ada, dari Amerika ada, dan dari Rusia ada," kata KSAU di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa.

Ia mengaku sudah menyerahkan hasil kajian itu kepada Kemhan, namun keputusan untuk mengganti pesawat angkut TNI AU tergantung Kementerian Pertahanan.

"Rencana strategis tahun 2015-2019 ada. Ada pesawat tempur, pengganti F5. Pesawat angkut berat, pesawat helikopter berat, dan helikopter angkut besar," katanya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhan, Brigjen TNI Jundan Eko Bintoro membenarkan pengganti pesawat Hercules yaitu Airbus A400M asal Prancis atau Boeing C-17 milik Amerika Serikat karena kedua pesawat angkut tersebut memiliki kapasitas yang besar.

"Pesawat lebih besar, yang jelas itu baru, sekarang sudah disepakati kalau pengadaan mengutamakan yang baru, yang sudah terlanjur apa boleh buat ya sudah dilakukan. Pengadaan di Renstara II kemungkinan 2016 sampai 2018," kata Jundan.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Kasal Yudo resmikan monumen kendaraan tempur di Madiun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar