Jakarta (ANTARA News) - Aplikasi pencarian restoran Zomato memperkenalkan Foodie Index yang akan tersedia bagi developer web secara global sebagai Application Program Interface (API).

Zomato Foodie Index membantu pengguna portal property dan travel dalam menentukan pilhan rumah maupun hotel mereka berdasarkan restoran yang berada di sekitar lokasipilihan mereka.

“Pengguna kini dapat mencari apartemen dan hotel yang ada di lokasi pilihan berdasarkan pilihan tempat makan terbaik yang ada di sebuah kota," kata Djunadi Satrio, Country Manager Zomato Indonesia, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

"Dengan API Foodie Index, pencarian restoran dan tempat makan pilihan berdasarkan lokasi tempat tinggal menjadi lebih mudah dengan dukungan data Zomato yang lengkap," sambung dia.

Dalam Foodie Index, Zomato menggunakan informasi yang mendalam mengenai restoran dan konten yang didapatkan dari penggunanya untuk menghitung skor yang mengindikasikan kualitas restoran yang berada di area tertentu.

Data tersebut kemudian dapat dimanfaatkan oleh platform pencarian real estat atau properti dan platform travel untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas restoran di lokasi tertentu.

Foodie Index dikembangkan untuk memberikan nilai tambah ketika seseorang sedang mencari sebuah unit apartemen atau hotel dengan pertimbangan tempat  makan yang berada di sekitar lokasi pilihan mereka.

Portal pencarian properti CommonFloor merupakan platform pertama yang menggunakan API Zomato Foodie Index yang telah berjalan di berbagai daerah di India dengan mengunakan peta lokal yang dapat membantu pengguna menentukan tempat tinggal ideal berdasarkan tempat makan berkualitas yang ada di sekitar lokasi tempat tinggal mereka.

"Kami terus mencari cara untuk memperkaya pengalaman kuliner, dan membantu konsumen mencari lokasi dengan tempat makan yang baik adalah bagian dari upaya tersebut," ujar Djunadi.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015