Kami memberikan apresiasi kepada Kapolri yang telah memberikan perhatian khusus terhadap momen Lebaran, khususnya terkait keamanan masyarakat dan kenyamanan pemudik saat berlalu lintas,"
Surabaya (ANTARA News) - Komisi III DPR-RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur memantau pengamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri yang dilakukan aparat kepolisian di masing-masing wilayah di Jatim.

"Kami memberikan apresiasi kepada Kapolri yang telah memberikan perhatian khusus terhadap momen Lebaran, khususnya terkait keamanan masyarakat dan kenyamanan pemudik saat berlalu lintas," kata anggota Komisi III DPR RI Adies Kadir usai menggelar acara buka puasa bersama dan silaturahmi di Surabaya, Sabtu malam.

Selain itu, lanjut dia, Polri dalam Lebaran 2015 telah menyiapkan 225 ribu personel untuk pengamanan Lebaran secara Nasional. Pengamanan Lebaran tidak hanya dilakukan di tempat keramaian saja, tetapi juga di lingkungan perumahan.

"Waktunya juga bukan hanya dua hari saat Lebaran saja, tetapi H-10 sampai H+ 10 Lebaran," katanya.

Ia mengatakan khusus untuk wilayah Jatim, saat ini lima anggota Komisi III DPR RI asal dapil wilayah Jatim juga sudah mulai mengawali pemantuan karena akan dilakukan evaluasi pada 4 Agustus 2015 oleh Polda Jatim.

Adis mengatakan Hari Raya Idhul Fitri telah menjadi budaya bagi seluruh umat muslim untuk pulang kampung alias mudik. Kondisi ini menjadi perhatian khusus bagi Komisi III DPR RI, karena menyangkut kenyamanan dan keamanan masyarakat, baik yang sedang melakukan mudik maupun yang harus tinggal karena alasan lain.

"Hasil pertemuan Komisi III dengan Kapolri, dilaporkan akan siap menempatkan personil di titik-titik rawan, baik itu di perumahan maupun tempat-tempat keramaian seperti pasar, mal dan sebagainya," ujarnya.

Mengingat pentingnya momen lebaran jika dikaitkan dengan keamanan, Adies mengatakan jika pihaknya juga akan melakukan evaluasi hasil kinerja Institusi Polri melalui Polda masing-masing.

"Khusus untuk wilayah Jatim, kami berlima yang terdiri dari anggota Komisi III asal Hanura, Demokrat, Gerindra, Nasdem dan saya sendiri dari Golkar, akan melakukan evaluasi di Polda Jatim pada 3 Agustus 2015," katanya.

Ditanya soal keamanan lalu lintas yang dilalui oleh para pemudik, Adies menyatakan bahwa hal itu sudah termasuk dalam rencana sistem keamanan Polri yang disampaikan ke komisinya.

"Keamanan itu juga termasuk di jalan, yakni lalu lintas yang di gunakan para pemudik, Polri akan menempatkan personilnya di beberapa pos sepanjang jalur utama yang digunakan pemudik," jelasnya.

Sebagai anggota DPR RI asal Dapil I Surabaya-Sidoarjo, Adies berpesan kepada masyarakat di dapilnya untuk waspada dan menjaga keamanan rumah yang ditinggalkan, sekaligus menyiapkan kendaraannya dengan baik untuk perjalanan mudik.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015