Jakarta (ANTARA News) - Dua robot raksasa dari serial "Mobile Suit Gundam" akan dipajang di pusat promosi pariwisata  kota Inagi, Tokyo.

Robot gundam yang sebenarnya merupakan prajurit humanoid yang dioperasikan pilot akan menjadi daya tarik utama pusat pariwisata yang akan dibuka April mendatang. Gundam raksasa ini juga merupakan siasat untuk membantu merevitalisasi kota Inagi.

Robot yang akan dipajang memiliki tinggi masing-masing 3,6 meter. Yang pertama adalah replika Gundam yang dipiloti karakter utama dari serial orisinal, Amuro, dan satu lagi adalah Zaku yang dipiloti musuh bebuyutannya, Char.

Tema Gundam dipilih karena Kunio Okawara, pria yang merancang robot untuk serial tersebut, tinggal di Inagi.

Pusat pariwisata seluas 150 meter persegi akan dibangun di bawah Stasiun Inaginaganuma JR Nanbu Line yang telah ditinggikan. Proyek tersebut memakan biaya sekitar 160 juta yen. Pusat promosi pariwisata juga akan menjual cenderamata buatan lokal juga oleh-oleh khas, misalnya buah pir.

"Kami ingin mengerjakan proyek pariwisata yang menarik orang-orang dari luar kota ini, tidak hanya para penumpang komuter," tambah Gubernur Inagi Katsuhiro Takahashi seperti dikutip dari AJW Asahi.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015