Yogyakarta (ANTARA News) - Sebanyak 293 unit sepeda motor program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan tiba di Terminal Giwangan Yogyakarta yang diangkut oleh enam truk dari Jakarta.

"Jumlah sepeda motor yang diikutkan program mudik gratis tujuan Yogyakarta ini tidak sebanyak tahun lalu yang mencapai lebih dari 300 unit sepeda motor," kata Pelaksana Harian Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Giwangan Nugroho di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, jumlah sepeda motor yang tiba di Terminal Giwangan tersebut juga jauh di bawah target yang diharapkan yaitu 500 unit sepeda motor.

"Mungkin banyak yang sudah mendaftar mengikuti mudik gratis untuk sepeda motor di Kementerian Perhubungan, namun akhirnya membatalkan rencananya," katanya.

Seluruh sepeda motor tersebut ditempatkan di halaman bengkel yang ada di dalam kompleks Terminal Giwangan Yogyakarta karena pemudik yang memiliki motor tersebut belum sampai ke Yogyakarta.

"Kami beri rantai untuk pengamanannya. Baru setelah pemudik datang, motor bisa diambil dengan menunjukkan surat-suratnya," katanya.

Meskipun jumlah sepeda motor yang mengikuti program mudik gratis tidak sesuai target, namun pemudik yang mengikuti program Kementerian Perhubungan yang akan tiba di Terminal Giwangan tidak mengalami perubahan yaitu sekitar 1.000 orang.

"Dimungkinkan dalam satu atau dua hari ke depan pemudik tersebut baru tiba di Terminal Giwangan Yogyakarta," katanya.

Selain program mudik gratis, Kementerian Perhubungan juga menyelenggarakan program balik gratis yang akan diberangkatkan dari Yogyakarta pada 23 dan 24 Juli untuk penumpang dan sepeda motor.

Selain dari Kementerian Perhubungan, sejumlah instansi atau pihak swasta lain yang menyelenggarakan kegiatan mudik gratis juga sudah menurunkan penumpang di Terminal Giwangan.

"Seperti dari Jasa Raharja sebanyak 26 bus, dari perusahaan sepeda motor, perusahaan media massa serta dari perusahaan obat-obatan," katanya.

Berdasarkan data penumpang di Terminal Giwangan Yogyakarta, sejak H-7 hingga H-5 Lebaran tercatat sebanyak 71.225 penumpang datang dan 62.155 penumpang yang diberangkatkan.

Selain angkutan sepeda motor gratis yang disiapkan Kementerian Perhubungan, PT KAI juga menyelenggarakan angkutan motor gratis selama masa Angkutan Lebaran 2015.

"Sudah mulai ada kedatangan sepeda motor di Stasiun Lempuyangan dan Solo Jebres," kata Manager Corporate Communicatiosn PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Gatut Sutiyatmoko. 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015