Jakarta (ANTARA News) - Organisasi kegawatdaruratan kesehatan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia telah menyalurkan bantuan 1.000 paket sembako kepada warga Gaza di Palestina, negeri yang menjadi salah satu pusat kelahiran dan kebesaran tiga agama besar dunia, yaitu Kristen, Yahudi, dan Islam. 

"Itu merupakan bantuan dari para donatur di Indonesia yang masuk melalui rekening amanah khusus kemanusiaan Gaza," kata Ketua Presidium MER-C Indonesia, dr Henry Hidayatullah, di Jakarta, Kamis.

Bantuan yang diberikan pada bulan suci Ramadhan 1436 Hijriah itu, selain 1.000 paket sembako juga ditambah 500 paket ifthar (buka puasa) yang ditujukan bagi para anak yatim di Gaza.

Penyaluran bantuan itu, katanya, dilakukan langsung oleh empat relawan MER-C Indonesia yang masih melanjutkan tugas di Jalur Gaza, Palestina, guna mempersiapkan peresmian Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan selain dalam rangka menyalurkan amanah donasi dari para penyumbang, juga membantu rakyat Gaza yang mengalami kondisi terblokade darat, laut dan udara, yang menjadi lebih sulit pasca-perang 51 hari lalu.

"Dengan adanya bantuan ini, kami berharap bisa sedikit meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di sana, sebagaimana amanah yang kami terima," katanya.

Sementara itu, Koordinator Program Ramadhan 2015 yang juga pengelola RS Indonesia, Ir Edy Wahyudi, mengatakan, pembagian 1.000 sembako dilakukan secara bertahap.

Tim relawan yang masih tersisa sebanyak empat orang dibagi menjadi dua tim yang menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang berhak menerimanya di berbagai wilayah di Jalur Gaza.

"Alhamdulillah seluruh paket telah selesai tersalurkan ke berbagai tempat yang berhak menerimanya, kepada para anak-anak yatim dan fakir miskin baik di Gaza bagian utara hingga ke wilayah Gaza bagian selatan," kata Wahyudi.

Presidium MER-C Indonesia, dr Joserizal Jurnalis, menjelaskan, Presiden Joko Widodo menyatakan bersedia meresmikan Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, Palestina.

"Presiden kita undang untuk meresmikan Rumah Sakit Indonesia di Gaza, dan beliau (menyatakan) mau (untuk hadir)," katanya.

Pewarta: Andi Jauhari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015