... yang mirip dengan Indonesia itu adalah Turki dan Yordania...
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Forum Zakat Nasional, Nur Efendi, mengatakan, pengelolaan zakat di Indonesia merupakan salah satu yang paling unik di dunia karena dikelola bersamaan oleh pemerintah dan masyarakat.

"Negara yang mirip dengan Indonesia itu adalah Turki dan Yordania, di mana pelibatan pemerintah kepada masyarakat itu sangat bagus," katanya, saat dihubungi, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, hal ini menjadi akselerasi untuk mempercepat pemberdayaan masyarakat karena pelibatan dari berbagai lapisan.

"Menuju perubahan itu, seperempatnya kan ada di pemerintah, seperempatnya masyarakat, seperempatnya di media dan seperempatnya lagi di bisnis," ujar Efendi.

Ia menilai, perkembangan zakat di Indonesia dari tahun ke tahun terus membaik yang terlihat dari kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap lembaga amil zakat. Tren kenaikannya mencapai 40 persen dari tahun ke tahun.

Potensi dana zakat yang bisa dimobilisasi secara nasional cukup besar dan bisa menjadi salah satu kekuatan ekonomi nasional. 

Ke depannya Efendi berharap bahwa zakat dapat semakin menjadi sesuatu yang benar-benar penting bagi masyarakat dan bangsa.

"Pemerintah mungkin bisa semakin mendukung dari segi regulasi, dibantu sosialisasinya, dibantu peningkatan lembaga amilnya dan didampingi pendayagunaannya," ucap CEO Rumah Zakat itu.

Pewarta: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015